Salat Idulfitri 1443 H di Kabupaten Gorontalo akan Berlangsung Tanpa Jarak

  • Whatsapp
Salat Idulfitri 1443 H di Kabupaten Gorontalo akan Berlangsung Tanpa Jarak
Suasana pelaksanaan Salat Idulfitri 1442 H di Lapangan Sport Center Limboto. Foto: Humas.

60DTK.COMPelaksanaan Salat Idulfitri 1443 H di Kabupaten Gorontalo akan berlangsung tanpa jarak. Berbeda dengan Salat Idulfitri tahun sebelumnya yang berlangsung di tengah Pandemi COVID-19.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, untuk pelaksanaan Salat Idulfitri tahun ini, soal jarak dalam saf salat tidak jadi masalah.

Bacaan Lainnya

“Kalau jarak (dalam saf salat) tidak ada masalah lagi,” ungkap Nelson yang juga menjabat Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Gorontalo.

Dalam pelaksanaan Salat Idulfitri nanti, Nelson Pomalingo berharap jamaah yang datang sudah menerima Vaksin COVID-19 minimal Dosis II.

Nelson menambahkan, hal ini sebagai bentuk kewaspadaan terhadap penyebaran COVID-19. Sebab pandemi tersebut belum reda sepenuhnya.

“Kita harus tetap berjaga-jaga, karena Pandemi COVID-19 belum reda secara penuh,” ujar Nelson Pomalingo.

Untuk pelaksanaan Salat Idulfitri di Kabupaten Gorontalo, akan berpusat di dua tempat yakni lapangan dan masjid. Hal ini sudah menjadi kebiasaan masing-masing Takmirul Masjid serta tokoh agama.

“Ini juga kita lakukan untuk memberi pilihan kepada masyaraakt. Yang suka di masjid silahkan, yang mau di lapangan silahkan,” jelas Nelson Pomalingo.

Sementara itu soal durasi Khotbah Idulfitri lanjut Nelson, tidak ada pembatasan. Intinya, pelaksanaan Salat Idulfitri kali ini seperti tahun-tahun sebelum Pandemi COVID-19.

“Kita ingin pelaksanaan Salat Idulfitri tahun ini alamiah. Karena ini transisi kita mulai pulih kembali sejak dua tahun terakhir,” imbuh Nelson Pomalingo.

Berdasarkan Putusan Muhammadiyah, perayaan Idulfitri 1443 H akan jatuh pada Senin 02 Mei 2022. Keputusan ini tertuang dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah, lebaran Muhammadiyah 2022.

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait