Salurkan Bantuan Sosial Tunai, Kemensos Kolaborasi dengan Kantor Pos

  • Whatsapp
Salurkan Bantuan Sosial Tunai, Kemensos Kolaborasi dengan Kantor Pos
Suasana dialog dengan tema “Efektivitas Penyaluran Bantuan Sosial Tunai” yang berlansung di salah satu radio swasta di Gorontalo, Selasa (10/11/2020). (Foto: Istimewa).

60DTK, Gorontalo – Di tengah-tengah pandemi Covid-19, pemerintah terus menggulirkan berbagai program bantuan untuk membantu masyarakat yang terdampak, seperti Bantuan Sosial Tunai dari Kementerian Sosial RI.

Dalam penyalurannya, Kementerian Sosial RI berkolaborasi dengan Kantor Pos Indonesia untuk menjangkau warga yang berada di pedalaman desa.

Bacaan Lainnya

“Perjanjian kerjasamanya ada di Kantor Pusat PT. Pos Indonesia dengan Kementerian Sosial. Jadi kami diminta untuk berkoordinasi dengan dinas sosial provinsi maupun kabupaten dan kota untuk menyalurkan bantuan ini,” ujar Ketua Satgas Covid-19 PT. Pos Gorontalo, Muh. Adnan Wahyudi pada dialog di salah satu radio swasta di Gorontalo, Selasa (10/11/2020).

Ia menambahkan, Kementerian Sosial juga menggandeng HIMBARA dalam penyaluran bantuan ini. Ia mengatakan, kantor pos hanya mitra atau juru bayar dalam menyalurkannya ke masyarakat.

“Kantor Pos di sini hanya sebagai mitra atau juru bayar untuk menyalurkannya ke masyarakat. Jadi sebenarnya bukan Kantor Pos saja, kementrian juga menunjuk HIMBARA (Himpunan Bank Negara). Jadi ada juga KPM yang menerima bantuan ini melalui tekening. Cuma untuk melalui Kantor Pos itu diterimanya secara tunai,” tambah Adnan.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Provinsi Gorontalo, Imran Basiru mengatakan bahwa Bantuan Sosial Tunai ini merupakan program unggulan dari pemerintah pusat.

“Bantuan Sosial Tunai ini adalah merupakan salah satu program unggulan pemerintah pusat yang bersumber dari anggaran kementerian sosial yang diberikan kepada masyarakat dari sekian banyak program bantuan sosial,” jelas Imran.

“Dan Alhamdulillah peluncuran Program Bantuan Sosial Tunai ini adalah dikhususkan kepada masyarakat miskin terutama KPM-KPM yang terdampak Covid-19,” tambahnya.

Turut menjadi narasumber dalam dialog yang mengangkat tema “Efektivitas Penyaluran Bantuan Sosial Tunai” ialah Ketua Senat Fakultas Sains Teknologi dan Ilmu Kesehatan Universitas Bina Mandiri Gorontalo, Meliza Fransiska Latif.

Sebagai perwakilan dari mahasiswa, Ia sangat mengapresiasi langkah-langkah yang diambil pemerintah untuk hadir di tengah-tengah masyarakat di situasi pandemi Covid-19.

“Sebagai mahasiswa saya melihat peran pemerintah dalam membantu masyarakat yang benar-benar terdampak covid-19 ini sangat luar biasa. Kami mahasiswa melihat bahwa langkah ini sangat positif, khususnya bagi mereka yang benar-benar terdampak,” ujar Meliza. (rds)

Pos terkait