Saronde, Olele Dan Libuo Miliki Indeks Akomodasi Terendah

  • Whatsapp
Sejumlah wisatawan sedang berada di obyek wisata Benteng Otanaha di Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo belum lama ini. Benteng Otanaha menjadi destinasi wisata Provinsi Gorontalo yang memiliki indeks kelayakan tertinggi yakni 88,02%. (Foto: Andika-Humas).

60DTK – KOTA GORONTALO : Saronde, Olele dan Libuo memiliki indeks akomodasi terendah dengan presentase 33,3%. Objek wisata Pentadio Resort (Pensort) dan Pantai Bolihutuo jauh lebih baik di angka 66,7%. Benteng Otanaha di Kota Gorontalo menjadi yang terbaik dengan nilai seratur. Data tersebut di rilis ole Badan Penelitian Perencanaan dan Pembangunan Daerag (BAPPPEDA) Provinsi Gorontalo.

“Lemahnya indeks akomodasi (Hotel) di sekitar Saronde, Olele dan Libuo relevan dan bisa menjelasakan rendahnya Pendapatan Asli Daerah Sektor Pariwisata (PADsp) di Gorontalo Utara, Bone Bolango dan Pohuwato. Kuatnya indeks akomodasi dan aksesbilitas (100) menuju objek Benteng Otanaha relevan dan bisa menjelaskan relative tingginya PADsp Kota Gorontalo. Benteng Otanaha dengan raihan total indeks tertinggi (88,02) layak menjadi branding pariwisata Kota Gorontalo,” terang Kasubid Litbang Ekonomi Pembangunan BAPPPEDA, Wiwik Junus Ismail, Rabu (9/1/2019)

Bacaan Lainnya
banner 468x60

BACA JUGA : Manfaatkan Pekarangan, Tingkatkan Penganekaragaman Pangan

Ada enam objek wisata yang diukur yakni Pulau Saronde di Kabupaten Gorontalo Utara, wisata bawah laut Olele di Bone Bolango, Benteng Otanaha di Kota Gorontalo dan Pantai Libuo di Pohuwato. Ada pula objek wisata Pentadio Resort di Kabupaten Gorontalo.

Penelitian yang berjudul “Analisis Kontribusi Pariwisata Terhadap Perekonomian Provinsi Gorontalo” itu megukur faktor lain seperti daya tarik wisata, aksebilitas serta kondisi sekitar kawasan. Ada juga indikator pengelolaan dan pelayanan, sarana penunjang, tersedianya air bersih dan tingkat kelayakan

PADsp berasal dari pajak hotel, pajak restoran, pajak tempat hiburan serta retribusi tempat rekreasi dan olahraga. PADsp di Kabupaten Kota di Provinsi Gorontalo share-nya relative kecil terhadap PADtot.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan