Seleksi Pimpinan Tinggi Pratama, Marten Ibaratkan Merekrut Sopir Profesional

60DTK, Kota Gorontalo – Pemerintah Kota Gorontalo berkomitmen untuk melahirkan pejabat yang memiliki kemampuan mumpuni dalam mengemban tugas. Komitmen itu diwujudkan dengan melakukan seleksi Terbuka dan Kompetitif Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kota Gorontalo, di Hotel Magna, Senin (19/10/2020).

Pada kesempatan itu, Wali Kota Gorontalo, Marten Taha berpesan kepada panitia seleksi untuk bekerja sesuai kapasitasnya. Memberikan penilaian secara objektif  kepada seluruh peserta, serta menjunjung tinggi kode etik perilaku panitia seleksi.

“Kepada panitia seleksi, kiranya dapat melaksanakan tugas ini sesuai dengan harapan dan ketentuan yang berlaku, bersikaplah Profesional. Kepada seluruh peserta kiranya dapat mengikuti seluruh tahapan ini sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” ungkap Marten Taha.

Baca Juga: Kota Gorontalo Tetap Peringati Maulid Nabi, Jamaah Zikir Wajib Rapid Test

Menurutnya, seleksi jabatan ini ibarat seperti merekrut seorang sopir. Harus menguji orang tersebut dengan berbagai  pertanyaan sesuai dengan kompetensinya sebagai pengemudi handal. Seperti paham akan rambu-rambu lalu lintas.

“Saya yakin bahwa panitia seleksi tidak akan bermain-main dengan proses rekrutmennya, karena kesalahan dalam memilih driver akan langsung dirasakan oleh user nya. Tujuan rekrutmennya harus jelas, standar kompetensinya juga jelas, dan hasil yang diharapkan juga jelas, yaitu seorang driver yang bisa melaksanakan tugasnya dengan baik. Dimana sang driver harus mahir mengemudikan kendaraan, paham aturan lalu lintas, dan tentu saja pandai menjaga kondisi kendaraan tetap baik,” tegasnya.

Baca Juga: ‘Benteng Otanaha’ Wisata Sambil Belajar Sejarah

Sehingga ia sangat berharap dengan sikap professionalnya panitia dalam kegiatan seleksi dapat melahirkan seorang pejabat yang berkualitas dan berkinerja baik dalam membantu roda pemerintahan Kota Gorontalo.

“Melalui kegiatan seleksi ini, saya berharap akan lahir para pejabat pimpinan tinggi pratama yang memiliki Kapasitas, kompetensi serta berkinerja tinggi dalam membantu kepala daerah dalam menjalankan Pemerintahan di Kota Gorontalo,” tutup Marten. (adv)

Pewarta: Hendra Setiawan