Setelah Dibersihkan, Perawatan Air Danau Perintis Jadi Fokus PUPR

  • Whatsapp
Suasana pekerjaan pembersihan Danau Perintis dari gulma yang dilakukan oleh Dinas PUPR Provinsi Gorontalo, Rabu (31/7/2019). Setelah proses pembersihan selesai, Dinas PUPR menyiapkan upaya treatment kualitas air yang diambil melalui sungai di sekitar danau. (Foto: Salman-Humas).

60DTK – GORONTALO – Dua bulan pasca dibersihkan dari gulma, kondisi pendangkalan di Danau Perintis di Desa Huloduotamo, Kecamatan Suawa, Kabupaten Bone Bolango sudah semakin baik. Pekerjaan rumah selanjutnya yang mendesak dilakukan yakni perawatan kualitas air di danau buatan tersebut.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Handoyo Sugiharto saat mendampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat meninjau lokasi, Rabu (31/7/2019). Lebih kurang 15.000 kubik gulma berhasil dibersihkan dari Danau Perintis.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

BACA JUGA : Pemprov Akan Rubah TPA Talumelito Jadi Agrowisata Dan Arena Offroad

“Program berikut danau ini harus kita treatment karena air ini belum mengalir secara baik. Kita perlu mengaliri air dari sungai di Lombongo ke danau dan kita salurkan lagi untuk pengairan,” jelas Handoyo.

Ia berharap di akhir tahun nanti kualitas air di Danau Perintis sudah jernih dengan ketinggian air yang proporsional. Diharapkan danau tersebut bisa dimanfaatkan untuk aktivitas olahraga air saat peringatan HUT ke-19 Provinsi Gorontalo, bulan Desember nanti.

“Direncanakan akan ada olahraga Ski Air dan lomba lainnya di danau ini. Pak Gubernur berharap peringatan HUT ke-19 bisa dipusatkan di sini,” imbuhnya.

BACA JUGA : Dinas PUPR Tinjau Langsung Pamsimas Bonebol

Terkait dengan pengembangan dan penataan danau ke depan, Pemprov Gorontalo bersama Pemkab Bone Bolango bersepakat untuk menyerahkan pengelolaannya ke Kementrian PUPR. Penyerahan pengelolaan diharapkan bisa menjadikan Danau Perintis semakin baik dengan pembiayaan dari pemerintah pusat. (adv)

Sumber : Humas Gorontalo Prov 

Pos terkait