Pemprov Gorontalo Gaungkan “Makan Tak Lengkap Tanpa Sagela”

60DTK – GORONTALO : Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo Sila Botutihe mengajak masyarakat untuk menggaungkan  slogan “Makan Tak Lengkap Tanpa Sagela”. Ajakan ini disampaikannya pada Rembuk Pangan Lokal Sagela di Bantayo Lami kediaman mantan walikota Medi Botutihe, Sabtu (20/7/2019).

Sila mengungkapkan, Dinas Pangan adalah Instansi yang bertanggung jawab pada ketahanan pangan di daerah. Oleh sebab itu, sudah menjadi tanggung jawabnya untuk mendorong inovasi ragam pangan berbasis sumberdaya hayati perikanan lokal. Seperti ikan julung-julung atau roa sebagai bahan baku sambal sagela.

BACA JUGA : Dinas PRKP Ajak Warga Palopo Atasi Masalah Kekumuhan

“Ragam produk pangan lokal ini harus bergizi dan aman, apalagi sambal sagela merupakan produk yang disukai masyarakat.  Marilah kita semua untuk menyukai produk olahan rumah tangga ini dan mengenalkan kepada masyarakat lain, termasuk yang berada di daerah lain,” kata Sila.

Kadis Pangan sendiri dikatakannya akan memfasilitasi pengembangan produk sagela dengan membangun Gerai Sagela dan akan membentuk asosiasi pelaku usaha sambal sagela. Asosiasi ini sebagai mitra Dinas Pangan, Dinas  Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo.

BACA JUGA : Perpustakaan SMK 1 Limboto Siap Bersaing Di Tingkat Nasional

“Cita rasa sambal sagela ini harus tetap dipertahankan, kualitas itu penting karena yang dicari konsumen adalah produk yang bermutu, mari kita viralkan slogan makan tak lengkap tanpa sagela,” ujar Sila Botutihe.

Rembuk yag dihadiri oleh para pelaku UKM dan pengelola usaha sambal sagela ini berlangsung cukup seru, mereka saling berbagi pendapat untuk meningkatkan kualitas produk, keamanan pangan, dan memperkuat jaringan pemasaran. (adv)

Sumber : Humas Gorontalo Prov