Stok Pupuk Subsidi di Gorontalo Tersedia, Hanya Terkendala Proses Distribusi

  • Whatsapp
Suasana rapat dengar pendapat (RDP) terkait kelangkaan pupuk subsidi yang berlangsung di Ruang Inogaluma Kantor DPRD Provinsi Gorontalo, Senin (23/05/2022). (Foto: Humas Deprov Gorontalo)

60DTK, Kota Gorontalo – DPRD Provinsi Gorontalo memastikan stok pupuk urea dan NPK phonska yang disubsidi oleh pemerintah untuk memenuhi kebutuhan para petani di wilayah Provinsi Gorontalo di tahun 2022 ini tersedia.

Kepastian tersebut diungkapkan oleh Ketua Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo, Venny Rosdiana Anwar setelah jajaran Komisi II melakukan rapat dengar pendapat (RDP) dengan pihak Pemerintah Provinsi Gorontalo, produsen, dan distributor pupuk, serta masyarakat, Senin (23/05/2022).

Bacaan Lainnya

“Sebenarnya pupuk urea maupun NPK phonska subsidi pemerintah ini ada. Ada di produsen maupun distributor,” beber Venny.

Hanya saja, kata politisi PDIP itu, pihak distributor sempat mengalami sedikit kendala dalam pendistribusian pupuk kepada para pengecer yang ada di sejumlah wilayah. Salah satu daerah tersebut adalah Desa Sidoarjo, Kecamatan Tolangohula, Kabupaten Gorontalo.

“Kendala pendistribusian yang mereka (distributor) sampaikan kepada kami itu karena menjelang bulam suci Ramadan sempat terjadi antrean panjang di SPBU-SPBU,” beber Venny.

Karena hanya terjadi kendala distribusi, Venny berharap para petani tidak panik. Sebab menurutnya, cepat atau lambat para petani tetap bisa mendapatkan pupuk subsidi pemerintah karena stoknya tersedia.

“Masyarakat khususnya petani jangan panik, karena stok pupuk itu ada,” pungkasnya.

Sebelum rapat RDP ini, Pimpinan dan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo telah menerima keluhan dari masyarakat terkait kelangkaan pupuk, khususnya NPK phonska di gudang para pengecer. Setelah turun ke lapangan, mereka memastikan keluhan tersebut memang benar-benar terjadi. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait