Suharsi : Tingkatkan Pelayanan Publik dengan Menyerap Suara Masyarakat

60DTK, Gorontalo – Calon Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa menekankan bahwa penyerapan suara (aspirasi) masyarakat untuk meningkatkan pelayanan publik pada pemerintahannya nanti bersama Calon Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga.

Hal demikian dikatakannya saat memaparkan program terkait kebijakan pelayanan publik dalam Debat Calon Wakil Bupati Pohuwato, Sabtu (21/11/2020).

Suharsi menyebut, untuk meningkatkan pelayanan publik harus dimulai dari tahapan pemikiran, standar operasional prosedur dan evaluasi. Pada point evaluasi kata dia, dibutuhkan suara dari masyarakat untuk penilaian.

“Harus diawali dengan mengubah pemikiran aparatur pemerintah dari tingkat kabupaten hingga desa, bahwa pemerintah itu sifatnya melayani bukan dilayani. Kemudian, tetapkan SOP atau sistemnya dan kemudian terpenting evaluasi dengan menyerap suara masyarakat secara berkala,” jelas Suharsi.

Sata ini kata Suharsi, secara nasional mindset aparatur pemerintah sudah mulai diubah dari tingkat nasional dari dilayani menjadi melayani. Meski demikian, masih ada yang belum tergerak untuk mengubah itu.  Sehingga kata dia, penting di pemerintahannya nanti untuk membelajari aparatur lebih melayani masyarakat.

Lebih lanjut Suharsi menjelaskan, Pasangan SMS telah mempersiapkan SOP dalam pelayanan publik ini dengan mengacu pada sistem nasional, provinsi dan daerah yang sudah berlaku dengan item-item tambahan peningkatan.

Selain SOP kata Suharsi, juga melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelayanan yang diberikan. Sistem monitoring dan evaluasi ini menurutnya, harus dilakukan sesuai dengan kaidah yang diterapkan pemerintah secara nasional.

Suharsi menambahkan, di pemerintahannya nanti akan dilakukan survei kepuasan masyarakat terhadap program dan pelayanan yang telah diberikan pemerintah terhadap masyarakat. Hal ini menurutnya, akan menjadikan suara masyarakat sebagai bahan penilaian terhadap kinerja Pemerintah SMS nantinya.

“Secara sistem sudah dilakukan monitoring dan evaluasi yang diatur dalam aturan pemerintah. Nah, penting bagi kita untuk mendengar suara masyarakat. Karena masyarakat yang memilih kami, maka penting untuk mendengar suara masyarakat juga nantinya,” tutur Suharsi.

Terkait dengan pelayanan publik ini kata dia, Pasangan SMS menyiapkan penghargaan kepeda penyelenggara pelayanan publik yang berprestasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Ada penghargaan juga. Harus kita hargai aparatur yang sudah bekerja keras dan bekerjasama membangun pemerintahan bersama kami nanti. Termasuk yang mampu berjalan dengan kami melakukan inovasi seperti pemanfaatan IT dalam pelayanan publik nantinya,” tutup Suharsi Igirisa. (rls)