Tarian Pinogu Jadi Ajang Promosi Budaya Gorontalo ke Tingkat Nasional

60Dtk – Gorontalo : Tarian Pinogu merupakan salah satu tarian kebanggaan masyarakat Kabupaten Bone Bolango, yang selalu di tampilkan pada setiap Kegiatan di gelar. Sabtu, (29/09/2018).

Hal ini terlihat pada setiap sore di lapangan Ippot Tapa, kerumunan anak-anak (SD) Sekolah Dasar sedang mempelajari tarian pinogu tersebut. anak-anak SD itu pun tak sendiri, mereka di temani dan bimbing langsung oleh guru mereka.

Kegiatan yang dilaksanakan setiap sore itu melibatkan anak-anak SD Se-Kecamatan Tapa, dalam rangka mengikuti (PES) Pentas Seni yang akan di selenggarakan di Alun-alun Bone Bolango pada 1-4 Oktober nanti.

Latihan yang lebih giat pun di laksanakan setiap harinya, dan tak mengendorkan setiap semangat dari anak-anak tersebut untuk berlatih.

expo

Riden Patune ketua koordinator Pendidikan dan Kebudayaan BonBol menjelaskan, Gorontalo Sebagi Provinsi yang memiliki banyak kebudayaan,Olehnya generasi-generasi yang ada kami akan didik dari masa usia dini,supaya budaya-budaya kita khusunya masyarakat Bone Bolango tidak luntur kultur budayanya.

“kami pun akan selalu memperbaharui kembali mengenai budaya-budaya kita, yang tentunya sudah di kenal di tingkat Nasional, apa lagi tarian Pinogu ini akan kami jadikan sebagi ajang promosi kami ke tingkat nasioanl nanti. ” Ungkap Riden Patune.

Tarian Pinogu sendiri menggambarkan ciri khas kabupaten Bone Bolango, tarian ini sudah di ajarkan kepada siswa-siswa yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), Tarian ini pun menggunakan beberapa jenis musik pengantar, diantaranya Rebana, dan Beduk.(mf).

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles