Terkait Corona, Pemuda Muhammadiyah Makassar Imbau Masyarakat Saring Info Sebelum Sharing

60DTK-Makassar: Menyikapi informasi tentang wabah virus corona (Covid-19) yang belakangan ini banyak tersebar, khususnya di ranah media sosial, Wakil Ketua Bidang Media dan Telekomunikasi Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Makassar, Rizal Saleh, menjelaskan pentingnya menyaring informasi yang didapatkan, sebelum menyebarkannya ke lebih banyak orang.

“Mengingat penyebaran informasi di sosial media begitu gampang, baik melalui status ataupun lewat share grup dan sebagainya, maka kami mengharapkan agar masyarakat lebih bijak lagi dalam menyebarkan informasi terkait berita corona yang beredar. Pastikan berita atau informasi itu adalah benar – benar informasi valid dan resmi agar info dan berita yang di-share bukan hoaks,” tutur Rizal.

Baca juga: RSUD Dr. Soedomo Trenggalek Masih Nihil Pasien Corona

Rizal mengatakan, munculnya virus corona ini, ditambah berita – berita hoaks yang lebih banyak menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat, justru membuat masyarakat tidak bisa tenang dalam menyikapi virus tersebut.

“Info hoaks yang beredar terkadang di-share lewat grup – grup media sosial biasanya berisikan banyak hal terkait virus corona, mulai dari info tentang si A atau wilayah B terjangkit corona, hingga info tentang tanaman X mampu menyembuhkan virus corona dan banyak info lainnya yang sumber kebenarannya dipertanyakan,” lanjutnya.

Lihat juga: Pemkab Blitar Keluarkan Sejumlah Kebijakan Untuk Cegah Corona

Selain itu, beberapa pihak juga berpotensi dirugikan oleh informasi – informasi yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya ini. Jika ditelan mentah – mentah, kata Rizal, hal itu justru akan menimbulkan kecacatan informasi, hingga kepanikan berlebih.

“Info hoaks yang disebarkan seperti yang terjadi belakangan ini bahkan bisa merugikan pihak tertentu,” tegas pria yang juga seorang penyiar radio itu.