Usai Bencana, Perekonomian di Palu Mulai Aktif Kembali

60DTK-EKONOMI: Aktivitas Ekonomi di beberapa titik di Palu sudah mulai beroperasi kembali, hal ini terlihat dengan adanya toko, swalayan, yang mulai buka. Utamanya pasar Baiya Kelurahan Tawaeli Palu Utara, yang sudah aktif kembali dari hari Minggu kemarin. Selasa (23/10/2018).

Pasar Baiya sendiri merupakan tempat belanja masyarakat Palu Utara khususnya dan untuk daerah Tawaeli sekitarnya. Pasar Baiya juga selalu beroperasi setiap hari bahkan sebelum terjadinya bencana.

Ibu Yani misalnya, pedagang yang sudah 5 tahun terakhir ini  berjualan di pasar tersebut mengaku, perekonomian kota palu sudah membaik di bandingkan beberapa minggu yang lalu.

“Saya berjualan mulai dari satu minggu setelah bencana di pasar ini, tapi pedagang yang lain belum berani, mereka menunggu kondisi aman terkendali. Dan pasar ini mulai ramai baru hari Minggu kemarin” terang Yani saat di wawancarai wartawan 60DDTK.com

Pulihnya perekonomian menjadikan sebagian besar masyarakat Kota Palu, mulai beraktivitas kembali pada kerjaan mereka masing-masing.

Seperti indah pemilik rumah makan sekaligus ibu rumah tangga ini menjelaskan, bahwa aktifnya pasar sangat membantu dirinya untuk membuka rumah makan miliknya yang sudah belasan tahun berjualan di daerah Palu Utara.

 

Indah sedang belanja di pasar Baiya untuk kebutuhan dapur dan bahan pokok rumah makan miliknya. Foto : Zulkifli Mangkau/60dtk.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

“Saya sudah tahu kalau dari kemarin pasar ini sudah aktif, tapi saya masih takut keluar dari tempat pengungsian dan membuka rumah makan kembali. Tapi karena mendapat kabar sudah banyak yang belanja disini untuk kebutuhan dapur mereka dan usaha rumah makan,  saya memberanikan kesini” tuturnya saat di temui belanja di pasar Baiya

Indah pun menambahkan kalau perekonomian Kota Palu sudah mulai pulih, meskipun ada beberapa harga bahan pokok dan kebutuhan dapur lainnya masih belum stabil. Sehingga membuatnya hanya membeli beberapa saja bahan pokok yang ia butuhkan.(rds/zm)