Festival Karnaval Budaya, Gorut Kembangkan Nilai Kebudayaan

60DTK – GORUT : Dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara yang ke-12 tahun 2019 ini, Pemerintah daerah Kabupaten Gorut melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gorut menggelar ivent Festival Karnaval Budaya (FKB) dan Kearifan Lokal tingkat Kabupaten Gorontalo Utara, bertempat di Halaman Kantor DPRD Gorut. Sabtu (20/04/2019) kemarin.

Kegiatan FKB dan Kearifan lokal ini selain merupakan salah satu rangkaian agenda Tahunan Dinas Pariwisata Gorut setiap HUT Gorut, juga merupakan salah satu bagian upaya untuk lebih memotivasi generasi muda dan masyarakat dalam mencintai budaya tradisional daerah Gorontalo.

BACA JUGA : Pertama Kali!!! STQ Hafalan Hadits Masuk Pada Cabang Lomba

Kegiatan yang melibatkan seluruh Peserta Karnaval baik dari Unsur dinas/badan OPD, Kecamatan se-Gorut, dan Siswa-siswi se-Gorut ini dibuka dengan resmi oleh Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, didampingi Asisten II dan III, Unsur Muspida Kabupaten Gorut dan jajaran Pimpinan OPD dan Camat se-Gorut.

expo

Dalam sambutannya, Bupati Indra Yasin menjelaskan bahwa kegiatan Ivent Kebudayaan melalui Festival Karnaval kebudayaan dan Kearifan Lokal ini sangat penting guna mempromosikan kebudayaan daerah Khususnya Kabupaten Gorut yang sarat dengan Etnis, Suku, budaya yang berbeda-beda.

“Tujuan dalam Kegiatan FKB ini adalah agar kita semua mampu mengembangkan destinasi wisata yaitu wisata budaya, serta menarik minat wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara,” kata Bupati Indra Yasin saat membuka Festival Karnaval Budaya Gorut tahun 2019 ini.

Menurutnya, Indonesia merupakan negara yang sangat kaya keanekaragaman budaya, begitu juga halnya dengan Kabupaten Gorut. Keanekaragaman budaya itu merupakan potensi sosial yang dapat membentuk karakter dan citra tersendiri pada masing-masing daerah, serta merupakan bagian penting dalam pembentukan identitas budaya suatu daerah.

BACA JUGA : Wagub Gorontalo : Tugas Pengurus LPTQ Ini Berat, Namun Sungguh Mulia

Di samping itu, keanekaragaman budaya merupakan kekayaan bangsa sebagai warisan untuk terus dilestarikan.

“Untuk itu, perlu dicermati karena warisan budaya dan nilai-nilai tradisional mengandung banyak kearifan lokal yang masih sangat relevan dengan kondisi kekinian, yang seharusnya dilestarikan, diadaptasi atau bahkan dikembangkan lebih jauh”, jelas Bupati dua Periode ini.

Sehingganya, Untuk Dinas pariwisata diharapkan agar terus konsisten dan lebih meningkatkan program Kebudayaan secara rutin setiap tahun dengan melibatkan seluruh stakeholder dalam hal mempromosikan potensi wisata kabupaten Gorut terutama Objek wisata dan wisata budaya serta Kearifan Lokal Gorontalo.

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles