Akibat Pandemi, Kunjungan Wisatawan di Kabgor Tak Capai Target

  • Whatsapp
Pentadio Resort
Obyek Wisata Pentadio Resort di Kabupaten Gorontalo. (Sumber: Facebook Pentadio Resort)

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Jumlah wisatawan yang berkunjung di obyek wisata di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, selama tahun 2020 tidak mencapai target.

“Sampai dengan sekarang itu sudah 80 ribuan (wisatawan yang datang), target kita sebelumnya memang 200 ribuan wisatawan,” beber Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Gorontalo, Syamsul Baharuddin, Selasa (29/12/2020).

Syamsul menjelaskan, satu faktor utama yang membuat sedikitnya wisatawan berkunjung di wilayah tersebut tidak lain karena adanya pandemi covid-19 yang melanda Provinsi Gorontalo sejak bulan April lalu.

Baca Juga: Tak Mau Merugi, Pedagang Kembang Api Banting Harga

Tidak sampai disitu, Pemkab Gorontalo juga sempat menutup seluruh tempat wisata yang ada selama beberapa bulan lamanya, sebelum dibuka kembali pada saat era New Normal.

“Dapat sampai 80 ribuan wisatawan itu sudah cukup. Karena saat saat ini masih pandemi dan kemarin sempat kita tutup tempat-tempat wisata,” ujarnya.

Ia juga menuturkan, dari banyak obyek wisata di Kabupaten Gorontalo, Pentadio Resort masih jadi tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Buktinya, kata Syamsul, 50 persen dari seluruh wisatawan yang datang di Kabupaten Gorontalo selama tahun 2020, mengunjungi Pentadio Resort.

“Sisanya tersebar di obyek wisata lain seperti hutan pinus, obyek wisata religi di Desa Bongo, dan tempat wisata lain seperti pemandian yang ada di Telaga Biru dan Boliyohuto,” ungkap Syamsul.

Baca Juga: Kawasan Pakaya Tower Limboto Ditutup Saat Malam Pergantian Tahun

Lebih jauh, Ia juga membocorkan bahwa pada tahun 2021 mendatang pihaknya masih menargetkan kunjungan wisatawan di angka 200 ribuan.

“Tahun depan kita masih target 200 ribuan pengunjung. Mudah-mudahan di tahun depan target kita akan tercapai,” tandasnya.

Pos terkait