BPBD Ingatkan Masyarakat Punya Peran Cegah dan Tangani Kebakaran

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo, Sumati Maku, mengingatkan kepada seluruh pihak bahwa pencegahan dan penanggulangan kebakaran tidak hanya menjadi tugas dari pemerintah daerah, khususnya Pemadam Kebakaran (Damkar)

Sumanti mengatakan, masyarakat juga memiliki peran meminimalisir, termasuk berpartisipasi dalam menangani insiden kebakaran khususnya yang terjadi di Kabupaten Gorontalo.

“Semua elemen harus tau ada Triple Helix dalam penanganan kebakaran. Selain pemerintah dan dunia usaha, ada unsur masyarakat didalamnya,” ujar Sumanti usai mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun Damkar ke-102 melalui virtual, Senin (01/03/2021).

Kepala BPBD Kabupaten Gorontalo, Sumanti Maku
Kepala BPBD Kabupaten Gorontalo, Sumanti Maku. (Foto : Dok 60DTK)

pemuda

Untuk itu, kata Sumanti, setiap masyarakat harus tahu apa yang bisa menjadi penyebab terjadinya peristiwa kebakaran, sekaligus langkah-langkah apa yang bisa dilakukan andai ada peristiwa kebakaran.

“Kalau melihat penyebab peristiwa kebakaran misalnya masalah jaringan listrik, kemudian membuang puntung rokok, pembakaran sampah, pemasangan lilin dan sebagainya, masyarakat harus memperhatikan hal ini,” jelasnya.

Baca Juga: Periode Kedua, Nelson Minta Jajarannya Bekerja Dua Kali Lebih Baik

Lebih jauh, Sumanti juga berharap agar masyarakat dapat mengawasi setial aktivitas yang mereka lakukan sendiri supaya tidak terjadi kelalaian yang dapat menimbulkan kasus kebakaran.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk menyimpan nomor telefon satuan unit darurat seperti ambulance, termasuk Damkar. Supaya ketika ada kasus kebakaran, bisa dihubungi kami. Jangan sampai peristiwa sudah berlangsung 30 menit, kami baru dapat informasi,” tandasnya. (adv)

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles