Dinas PMD Pohuwato Gelar Pembinaan Pengelolaan Dana Desa

  • Whatsapp
Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga saat membuka kegiatan pada pelaksanaan coaching klinik bagi aparat desa se-Kabupaten Pohuwato, Jumat (12/11/2021). (Foto: Humas Pemkab Pohuwato)

60DTK, Pohuwato – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) menggelar coaching klinik penyusunan calk dan inventarisasi aset desa bagi aparat desa se-Kabupaten Pohuwato, yang dirangkaikan dengan peluncuran aplikasi Siskeudes online, Jumat (12/11/2021).

Kegiatan tersebut, merupakan bentuk penguatan kapasitas aparat pemerintah desa dalam hal pengelolaan keuangan desa. Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga mengungkapkan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan aparat desa dapat memahami dan melaksanakan tugas dan fungsi sebagai pengelola keuangan desa.

Bacaan Lainnya
Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga saat membuka kegiatan pada pelaksanaan coaching klinik bagi aparat desa se-Kabupaten Pohuwato, Jumat (12/11/2021). (Foto: Humas Pemkab Pohuwato)

“Selanjutnya pengelolaan dana desa tahun 2022 untuk pertama kalinya di Kabupaten Pohuwato akan dilakukan dengan mekanisme berbasis online. Harapannya ke depan pemerintahan desa dapat segera menyesuaikan dengan kemajuan teknologi dan informasi sehingga memudahkan dalam pengaplikasian pengelolaan keuangan desa,” ujar Saipul.

Sementara itu, Kadis PMD Kabupaten Pohuwato, Muzna Giasi dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan selama enam hari ini dibagi dalam tiga gelombang.

“Gelombang I hari Sabtu–Minggu diikuti oleh perangkat desa dari Kecamatan Dengilo, Paguat, Marisa, Buntulia, dan Duhiada’a. Gelombang II Senin–Selasa diikuti perangkat desa wilayah Kecamatan Patilanggio, Randangan, Taluditi, dan Wanggarasi. Gelombang III Rabu–Kamis diikuti aparat desa Kecamatan Lemito, Popayato Timur, Popayato, dan Popayato Barat,” jelas Muzna.

Terkait peluncuran aplikasi Siskeudes online, Muzna menjelaskan bahwa aplikasi yang dikembangkan oleh BPKP tersebut dibuat dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa.

“Aplikasi database-nya dalam bentuk SQL yang ditempatkan di server Kominfo, database-nya aplikasinya satu dan bisa diakses menggunakan jaringan internet, sehingga kapan pun dan di mana saja dapat menggunakannya. Di Provinsi Gorontalo penggunaan Siskeudes online baru di dua kabupaten, yakni Bone Bolango dan Pohuwato,” tutupnya. (adv)

 

Pewarta: Efendi Hasan

Pos terkait