Diskominfotik Gorontalo Berniat Perkuat SDM Siber dan Sandi, Begini Respons BSSN

  • Whatsapp
Suasana konsultasi Diskominfotik Gorontalo bersama pihak Pusdiklat BSSN di Ruang Rapat Pusdiklat BSSN, Jakarta, Rabu (2/06/2021). (Foto: Pusdiklat BSSN)

60DTK, Gorontalo – Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), yang diwakili oleh Widyaiswara Ahli Madya, Fauziah, mengapresiasi inisiatif Diskominfotik Provinsi Gorontalo, yang ingin memperkuat SDM Keamanan Siber dan Sandi (KSS) melalui usulan pelatihan di daerah.

“Kami apresiasi usaha Provinsi Gorontalo untuk meningkatkan sumber daya manusia keamanan siber dan sandi di daerah. Inisiatif untuk bertemu langsung dengan kami di Pusdiklat BSSN ini diharapkan bisa membuka kerja sama untuk pelaksanaan pelatihan tersebut,” ujar Fauziah saat menerima kunjungan konsultasi Diskominfotik Provinsi Gorontalo di Ruang Rapat BSSN, Jakarta, Rabu (3/06/2021).

Bacaan Lainnya
Kepala Bidang IKP Diskominfo Gorontalo, Zakiya Baserewan (kanan), saat memaparkan maksud kunjungan konsultasi di Pusdiklat BSSN, Jakarta, Rabu (2/06/2021). (Foto: Pusdiklat BSSN)

Fauziah menambahkan, keinginan untuk bisa melaksanakan pelatihan keamanan informasi, siber, dan sandi di daerah ini sangat mungkin untuk ditindaklanjuti.

Baca juga: Idris Usulkan 5.000 Peserta Dari Gorontalo Untuk Ikut Program Unggulan Kemkominfo

“Tentu saja ada hal-hal yang harus diperhatikan agar bisa menyelenggarakan pelatihan di daerah. Saya berharap hasil pertemuan tadi bisa ditindaklanjuti,” urai Fauziah.

Di tempat yang sama, Kadis Kominfotik Provinsi Gorontalo, yang diwakili Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP), Zakiya Baserewan menjelaskan, kunjungan Diskominfotik terkait konsultasi peningkatan SDM keamanan siber dan sandi ke Pusdiklat BSSN tersebut merupakan wujud tanggung jawab Diskominfotik Gorontalo sebagai pembina persandian Provinsi Gorontalo.

“Kunjungan ini bisa menjadi momentum untuk peningkatan SDM keamanan siber dan sandi di Provinsi Gorontalo,” jelas Zakiya.

Baca juga: Kemkominfo RI Sosialisasikan Program Unggulannya Kepada Pemprov Gorontalo

Ia pun menguraikan, sebelum kunjungan ini dilaksanakan, sebelumnya pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Diklat Provinsi Gorontalo sebagai instansi yang membidangi kediklatan.

“Koordinasi yang sebelumnya telah kami lakukan dengan Badan Diklat, kami tindak lanjuti dengan kunjungan ke Pusdiklat BSSN sebagai pembuka jalan untuk mengarah ke pelatihan di daerah,” ungkap Zakiya.

Ia pun berharap ini menjadi awal yang baik untuk penyediaan SDM keamanan siber dan sandi di Provinsi Gorontalo.

Berdasarkan data yang ada, sandi man di Provinsi Gorontalo sejauh ini hanya lima orang. Bahkan, beberapa kabupaten tidak memiliki sandi man.

Dalam kunjungan ke BSSN, Kabid IKP didampingi oleh Kasie Postel dan Persandian, Asriani; Kasie Pengelolaan Informasi, Leisyawati Ali; dan salah satu sandi man Provinsi Gorontalo, Suharto Suma.

Selain itu, kunjungan ini juga dihadiri oleh jajaran Pusdiklat BSSN, antara lain koordinator kelompok diklat manajemen, koordinator diklat teknis fungsional, koordinator kelompok evaluasi dan penjaminan mutu diklat, kepala bagian umum, serta perwakilan widyaiswara. (adv)

 

Sumber: Gorontaloprov.go.id

Pos terkait