Gorontalo Kembali Ekspor Jagung ke Filipina

  • Whatsapp
Gorontalo Kembali Ekspor Jagung ke Filipina
Wakil Ketua DPR RI Rachmad Gobel bersama Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Syukri Botutihe saat meninjau ekspor jagung ke Filipina di Pelabuhan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara, Kamis (20/10/2022). Foto: Mila.

60DTK, Gorontalo – Provinsi Gorontalo kembali melakukan ekspor jagung ke negara Filipina. Ekspor jagung sebanyak 6.100 ton ini merupakan ketigalinya bagi Gorontalo.

Kegiatan ekspor ini berlangsung dari Pelabuhan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara, Kamis (20/10/2022). Hadir pada kesempatan itu, Wakil Ketua DPR RI Rachmad Gobel dan Penjabat Sekretaris Daerah, Syukri Botutihe.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu, Rachmat Gobel bepesan kepada perusahaan pengirim bisa meyisihkan keuntungan untuk perbaikan infrastruktur yang rusak karena tanaman jagung.

Rachmat Gobel juga meminta, penggunaan bibit dan pupuk bersubsidi di kurangi dengan melihat dana yang terbatas dan kesulitan pemerintah.

“Untuk itu saya katakan, sisihkan keuntungannya, bangunlah ekosistem yang bisa meningkatkan produktivitas daripada hasil pertanian. Agar efisiensinya lebih bagus dan semua bisa untung,” jelas Rachmat.

Di tempat yang sama, Syukri Botutihe mengapresiasi semangat petani di Gorontalo. Ia menilai, para petani ini mampu menjaga konsistensi produksi jagung.

Dengan demikian lanjut dia, pasar ekspor bisa pulih kembali dan mampu meningkatkan harga jual jagung di tingkat petani. Syukri berharap, mekanisme ekspor jagung ini bisa terus terbuka dan harganya tetap terjaga.

“Sejak ekspor ini dibuka kembali, Alhamdulillah nilai jual di tingkat petani ini meningkat,. Sekarang tentu kita bersykur bahwa fasilitasi dan proses ekspor di Gorontalo sudah mulai berjalan dengan baik, ini merupakan berkah dari para petani,” ujar Syukri. (ksm/rls)

Pos terkait