Gubernur Gorontalo Minta Kepala Daerah Tetapkan Tempat Percontohan New Normal

60DTK, Gorontalo – Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, minta Bupati dan Wali Kota segera menetapkan satu obyek (tempat) yang akan menjadi percontohan penerapan New Normal.

Permintaan ini diutarakan Rusli Habibie, saat melakukan video konferensi yang diikuti oleh para Bupati/Wali Kota, unsur Forkopimda, serta pimpinan instansi vertikal di Provinsi Gorontalo, Sabtu (30/05/2020).

Gubernur Rusli mengatakan, obyek yang dimaksud ialah tempat-tempat yang memungkinkan terjadinya interaksi sosial dalam jumlah massa (orang) yang cukup banyak, salah satunya seperti pasar.

“Saya minta satu saja dulu, Bupati dan Wali Kota siapkan contoh penerapan new normal. Satu saja, karena akan percuma kita rapat sudah empat jam ini kalau penerapan di lapangannya tidak maksimal,” pinta Gubernur Rusli.

Baca Juga: BNPB Mulai Sosialisasikan Penerapan New Normal, Rusli: Kami Sudah Siap

“Silahkan berinovasi. Pasar mana yang mau dijadikan sebagai percontohan. Tempat ibadah seperti masjid, mungkin kita mulai dulu dari masjid kecamatan. Tempat itu nanti kita keroyok sama sama dengan TNI, Polri, provinsi dan kabupaten/kota untuk mengaturnya,” tambahnya.

Mantan Bupati Gorontalo Utara itu berharap, dengan adanya tempat percontohan penerapan new normal di setiap Kabupaten dan Kota, dapat lebih membiasakan masyarakat Gorontalo untuk mengikuti protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

“Interaksi sosial harus mengutamakan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun,” harapnya.

Baca Juga: Pemrov Gorontalo Salurkan 1.350 Paket Sembako Ke Karyawan Toko Nonpangan

Menanggapi permintaan tersebut, Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, menyampaikan bahwa pihaknya akan menjadikan pasar mingguan yang ada di Kecamatan Tapa, menjadi obyek percontohan New Normal dengan penerapan standar protokol kesehatan yang baik dan benar.

“Ribuan pedagang rencananya akan diatur secara berjarak di lokasi dan di sepanjang Jalan Tondano yang menjadi lokasi pasar,” ujar Hamim.

Hal yang sama juga disampaikan Wali Kota Gorontalo, Marten Taha. Ia akan membuka pasar mingguan yang ada di Kelurahan Bulotadaa Timur, Kecamatan Sipatana. (rls)

 

Penulis: Andrianto Sanga

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles