Gubernur Jabar : Pariwisata Itu Bisnis Kegembiraan

60DTK – BANDUNG : Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berbagai ilmu tentang pengembangan wisata daerah. Menurutnya, ada perubahan paradigma wisata zaman dulu dan zaman sekarang, khususnya bagi generasi milenial. Hal yang lazim disebut sebagai esteem tourism.

“(Generasi) kita datang (ke tempat wisata) foto-foto seperlunya, menikmati sebanyak-banyaknya. Tapi untuk generasi Z, menikmati seperlunya, foto-foto sebanyak banyaknya. Jadi mereka datang, ngantri, bayar, foto-foto, dapat like di instagram happy lahir dan batin,” jelas Ridwan Kamil saat memberikan sambutan pada Peluncuran Calender of Event Pariwisata Gorontalo 2019 bertempat di Kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB), Jawa Barat, Rabu (24/4/2019).

BACA JUGA : Aswansyah : Perlu Dibangun Hubungan Industrial Yang Harmonis

Ia berharap, Provinsi Gorontalo bisa meniru upaya pengembangan destinasi wisata seperti yang dilakukan oleh Jabar. Ridwan menjadikan Negeri Pasundan sebagai Provinsi Pariwisata.

Strateginya dengan tiga langkah yakni memperbaiki akses potensi wisata, potensi pariwisata disulap berkelas nasional dan internaisonal serta strategi menciptakan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata seperti Nusa Dua di Bali.

“Pariwisata itu bisnis kegembiraan. Jadi terjemahkan aja bagaimana bikin orang gembira. Contoh kegembiraan di kolong jembatan. Kita rubah kolong jembatan menjadi nyaman dan orang bisa bergembira,” imbuhnya.

BACA JUGA : Berikut Dua Agenda Pariwisata Gorotalo Yang Masuk 100 Event Nasional 2019

Peluncuran Calender of Event Pariwisata Gorontalo 2019 sengaja digelar di Jawa Barat. Selain diintegrasikan dengan pembukaan Travel Mart oleh STPB Bandung, momentum ini diharapkan bisa menjadi pelajaran untuk pengembangan wisata Gorontalo.

“Kami ke sini ingin belajar. Kedua ingin mengajak investor untuk datang dan berinvestasi di Gorontalo. Kami siapman perizinan yang mudah dan murah. Ketiga kami ingin ada pengembangan SDM pariwisata,” ungkap Gubernur Gorontalo Rusli Habibie. (rls)

Sumber : Humas Gorontalo Prov 

Comments are closed.