Hal-hal yang Perlu di Hindari, saat Insomnia Menyerang.

  • Whatsapp
Ilustrator Source By Google.com

60DTK – Gaya Hidup : Insomnia menurut beberapa ahli dan dokter menjelaskan akibat dari aktifitas yang kita lakukan sehari-hari dan mempengaruhi keadaan tidak dapat tidur karena gangguan yang di sebabkan oleh tubuh atau pun jiwa seseorang.

Insomnia sendiri sering menyerang kalangan Remaja, Orang Dewasa, bahkan anak-anak sekalipun. Jika insomnia mulai menyerang kita tak dapat menangkalnya dengan cepat, tetapi bisa di redakan dengan berbagai cara seperti berikut ini :

Bacaan Lainnya
banner 468x60
  1. Melakukan Hal-hal yang terlalu Berat

Hindari aktifitas yang terlalu berat untuk memunculkan rasa kantuk, sebaiknya lakukan aktifitas yang dapat membunuh waktu dan memancing kantuk anda. Bacalah buku yang ringan atau tontonlah acara tv yang membosankan. Hal ini akan membuat otak anda lebih relaks dan membuat anda lebih cepat tidur.

  1. Terus melihat ke Arah Jam

Saat Insomnia datang, biasanya hal yang paling sering kita lakukan ialah melihat jam. Mungkin anda melakukan ini untuk berpikir sudah berapa lama anda terjaga. Sayangnya, hal ini justru akan menimbulkan sugesti ke dalam diri anda yang membuat anda semakin sulit untuk tertidur.

  1. Bertahan Terlalu Lama di Kasur/Tempat Tidur

Ketika mata tak kunjung tertutup, padahal anda sudah merasa sangat lama berbaring diatas tempat tidur, maka berhentilah melakukan hal itu. Tinggalkan kasur anda dan mulailah melakukan aktivitas yang dapat menenangkan seperti membaca buku. Hal ini dapat membuat otak anda kembali mengingat bahwa kasur ialah tempat yang nyaman untuk tidur bukan hanya tempat untuk berbaring dan mencemaskan segala hal.

  1. Menerangi Ruangan dengan Cahaya Lampu Terang

Saat anda akhirnya harus bangun dari tempat tidur anda, jangan menyalakan lampu utama yang memancarkan cahaya terang. Cukup nyalakan lampu baca atau biarkan cahaya hanya yang keluar dari televisi yang anda hidupkan . cahaya terlalu terang akan mengganggu produksi hormon melatonin dalam otak yang dapat mengatur waktu tidur anda. (zm).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan