Idris Rahim Ajak Warga Boliyohuto Cegah Banjir Dengan Jaga Lingkungan

60DTK, Gorontalo – Meluapnya Sungai Paguyaman menyebabkan banjir di Desa Tolite, Kecamatan Boliyohuto, Kabupaten Gorontalo. Sesuai data yang ada, kurang lebih ada 274 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak banjir setinggi orang dewasa itu.

Agar banjir serupa tidak terus terulang, Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo, Idris Rahim pun mengimbau masyarakat setempat untuk ikut sama-sama menjaga hutan, menjaga lingkungan sekitar, dan tidak membuang sampah sembarangan.

Baca juga: Pemprov Gorontalo Mulai Lakukan Pembuatan Tanggul Darurat

“Petani yang berpindah-pindah, bertani di kemiringan di atas 15 derajat, tambang, dan lain sebagainya. Upaya mencegah bencana tidak cukup hanya mengandalkan pemerintah saja, tapi butuh partisipasi semua pihak,” ungkap Idris saat menyerahkan bantuan untuk korban banjir di Desa Tolite, Rabu (5/08/2020).

Ia juga mengatakan, memang bencana alam yang menimpa selalu datang tanpa kita duga. Oleh karena itu, masyarakat perlu terus waspada dan senantiasa berdoa kepada Yang Kuasa.

Baca juga: 1000 Karung Pasir Disiapkan Untuk Tanggul Darurat Di Kelurahan Bugis

“Kita harus bersabar karena bencana ini tidak kita duga dan datang tiba-tiba. Bencana juga disebabkan oleh ulah manusia. Kita juga harus berdoa dan menyerahkan semua kepada Allah SWT,” tutupnya. (adv)

 

Pewarta: Hendra Setiawan