Jelang Pemilu, KPU Bone Bolango Siap 90 Persen

  • Whatsapp
(Foto - KPU Bone Bolango)

60DTK–KABUPATEN BONE BOLANGO – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang akan diselenggarakan 17 April mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bone Bolango terus mempersiapkan diri. Mulai dari menyiapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) hingga ketersediaan surat suara dan ragam logistik Pemilu lainnya.

Pemutakhiran data oleh KPU Bone Bolango juga sudah ditetapkan, mulai dari DPT yang berjumlah 112.047 (seratus dua belas ribu empat puluh tujuh) orang, dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yakni yang tidak memilih.

Bacaan Lainnya

“Kalau kesiapan ditinjau dari tahapan, yang pertama dari pemutakhiran data kita sudah menetapkan DPT sebanyak seratus dua belas ribu empat puluh tujuh pemilih, kemudian terakhir kita menetapkan DPTb atau yang tidak memilih.” Ungkap Ketua KPU Bone Bolango, Adnan Berahim, Rabu (27/03/2019).

Adnan menerangkan, pada 25 Maret kemarin, KPU Bone Bolango sudah melakukan pelipatan surat suara. Sementara Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) juga sudah ditetapkan pada Rabu tadi.

“Jadi secara keseluruhan, bisa dibilang persiapan kami ini sudah 90 persen rampung untuk menjelang pemilu,” terang Adnan.

Adnan melanjutkan, terkait pendistribusian logistik ke daerah terpencil seperti Kecamatan Pinogu, akan dilakukan tiga hari menjelang Pemilu. Dalam pendistribusian ini, KPU akan dibantu oleh pihak keamanan dan Bawaslu.

“Distribusi logistik ke Pinogu itu akan kita lakukan H-3 dari tanggal 14 april 2019, yang rencananya akan didampingi pihak kepolisian dan Bawaslu,” ujarnya.

Ia pun mengungkapkan, hingga saat ini tidak ada masalah berarti yang dihadapi KPU Bone Bolango selain yang berkaitan dengan administrasi. Namun menurutnya, hal ini masih bisa diantisipasi dengan baik.

“Kalau kendala yang kami hadapi itu lebih banyak kepada hal-hal yang prosedural seperti administrasi. Tapi Alhamdulilah itu bisa ditangani, sehingga sampai saat ini tidak terlalu membebani.” tukas Adnan mantap.

Penulis : Fajar Adiputra
Editor   : Nikhen Mokoginta

Pos terkait