Jepang Jajaki Kerjasama dengan Kabupaten Blitar

60DTK – Blitar : Jepang menjajaki kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Blitar dalam bidang investasi yang meliputi sektor pertanian, perikanan dan pertambangan.

Baca Juga : Kabupaten Blitar Jadi Tuan Rumah Pengembangan Kawasan Hortikultura

Hal itu terungkap saat Bupati Blitar Rijanto, menerima kunjungan kehormatan dari Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, Tani Masaki. Pada kunjungan itu, Bupati Rijanto didampingi beberapa OPD di lingkup pemerintahannya.

Masaki mengatakan, salah satu tugas dari Konsulat (Consulate) yakni membantu dan memfasilitasi hubungan perdagangan dan investasi di suatu wilayah/negara yang ada perwakilanya. Sehingga, pihaknya akan membantu perusahaan atau investor dari Jepang ke Jawa Timur kususnya di Kabupaten Blitar.

Baca Juga : TPID Dan Dispertapa Blitar Akan Bantu Masyarakat Yang Tak Mampu Beli Sembako

“Maka dari itu saya perlu informasi langsung, dan perlu masukan dari bapak Bupati Blitar untuk mengetahui pontensi investasi yang ada di wilayahnya. Setelah kembali ke Surabaya, saya akan menyebarluaskan informasi tersebut ke perusahaan Jepang,” ungkapnya usai pertemuan dengan Bupati Blitar di Pendopo Ronggo Hadinegoro, Rabu (22/01/2020).

Ditambahkan oleh Masaki, sedikitnya ada tiga daerah yang sudah dikunjunginya. Masing-masing daerah itu yakni Kabupaten Trenggalek, Tulungagung dan Blitar.

Baca Juga : Bupati Blitar : Penting Bagi ASN Menjaga Ideologi Pancasila

“Ini sebagai langkah awal, dan kami masih memperhatikan untuk wilayah Jawa Timur bagian selatan,” tutur Masaki.

Sementara itu, Bupati Rijanto menyambut baik kunjungan Konsulat Jepang di Surabaya itu. Selain menjajaki kerjasama, Masaki juga akan menarik investor dari Jepang ke Kabupaten Blitar.

Baca Juga : Selama 2019, Investasi Kabupaten Blitar Meningkat Signifikan, Hampir 2x Lipat

“Ini adalah kunjungan pertama. Tentunya, nanti ada tindaklanjut secara teknis oleh OPD dengan para konsul di bawah kendali Konjen Jepang di  Surabaya. Dan semoga, dari kunjungan ini membuahkan hasil terbaik untuk masyarakat Kabupaten Blitar kedepan,” pungkas Rijanto.

Pewarta : Achmad Zunaidi

Comments are closed.