Momentum Hari Patriotik, Makam Pahlawan Nani Wartabone Diperindah

60DTK – Bone Bolango : Pemerintah Provinsi Gorontalo memperindah Makam Pahlawan Nani Wartabone. Hal itu dilakukan pada momentum peringatan Hari Patriotik 23 Januari 1942 ke-78. Renovasi makam yang menelan anggaran Rp1 miliar itu, diresmikan oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Dalam arahannya, Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengatakan, nominal yang dikeluarkan itu tidak sebanding dengan perjuangan Nani Wartabone dalam merebut kemerdekaan.

Idris menyebut bantuan renovasi tersebut,  sebagai bentuk penghargaan pemerintah provinsi atas usaha dan perjuangan Nani Wartabone dalam memerdekakan bangsa Indonesia.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya, termasuk almarhum. Tadi dikatakan pada upacara oleh Gubernur, bahwa almarhum berjuang untuk merdeka tanpa pamrih. Sekali lagi tanpa pamrih”,  ungkap Idris.

Idris menambahkan, pekerjaan rumah pemerintah Provinsi Gorontalo masih banyak. Sehingga Ia berharap, lewat momentum Hari Patriotik ini agar seluruh elemen mampu berjuang melawan kebodohan, kemiskinan, korupsi, narkoba dan lain sebagainya.

“Mari kita sama-sama pupuk kebersamaan kita, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan. Sebagaimana itu yang telah dilakukan oleh pahlawan kita almarhum Nani Wartabone”, tambahnya.

Diketahui, renovasi makam ini diusahakan oleh Gubernur Gorontalo melalui audiensi dengan Menteri Sosial pada tahun 2018. Hasilnya, Gorontalo menjadi tiga daerah bersama Kepulauan Riau dan Sulawesi Tengah yang mendapat anggaran renovasi makam pahlawan.

Selain pengresmian renovasi makam, dilaksanakan pula upacara dan tabur bunga di Makam Nani Wartabone. Ada juga penyerahan bantuan dari Baznas kepada 100 anak yatim piatu dan 150 lansia yang hadir. (adv)

Penulis : Kasim Amir
Sumber : Humas Provinsi Gorontalo