MTQ Tingkat Provinsi Gorontalo Resmi Dibuka dan Diikuti 229 Peserta

60DTK, Gorontalo Utara – Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) IX tingkat Provinsi Gorontalo yang digelar tahun ini, diikuti oleh 229 peserta dan 45 official dari enam kafilah kabupaten/kota se – Provinsi Gorontalo.

Adapun kafilah dengan peserta terbanyak dari Kabupaten Gorontalo dengan jumlah 44 orang dan 6 official; disusul kafilah tuan rumah, Kabupaten Gorontalo Utara sebanyak 42 peserta dan 7 orang official; sedangkan kafilah Kabupaten Pohuwato dengan jumlah terbanyak ketiga, sebanyak 40 peserta dan 8 official.

Sementara dari Boalemo ada 39 peserta dan 8 official; Kota Gorontalo 33 peserta dan 8 official; serta Kabupaten Bone Bolango 31 peserta dan 8 official.

Baca juga: Pemprov Gorontalo Segera Luncurkan Aplikasi Jaring Pengaman Sosial

“Atas nama Bapak Gubernur saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Gorontalo Utara yang telah menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Gorontalo tahun ini,” ujar Wagub Gorontalo, Idris Rahim, saat membuka secara resmi MTQ IX tingkat Provinsi Gorontalo di halaman Kantor Bupati Gorontalo Utara, Kamis (10/09/2020).

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Gorontalo, Syafrudin Baderung menjelaskan bahwa pihaknya setiap tahun berupaya memaksimalkan penyelenggaraan MTQ, yakni dengan terus memperbaharui fitur-fitur pada elektronik MTQ (e-MTQ).

Menurutnya, penyempurnaan tersebut bertujuan untuk mempermudah para kafilah dalam melakukan pendaftaran dan akses ke Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) dan pusat MTQ di Kemenag. Selain itu, ada pula aplikasi e-Maqra yang bertujuan untuk menghindari adanya kebocoran soal-soal yang dilombakan.

Baca juga: Pemprov Gorontalo Salurkan Bantuan Kepada Korban Bencana Alam Di Bone Bolango

“Kami juga terus meningkatkan kualitas dewan hakim melalui kegiatan pembinaan dan regenerasi. Kami berharap MTQ kali ini tidak hanya menjadi ajang kontestasi semata, tapi harus mampu menstimulus umat agar lebih mencintai dan mempelajari Alquran,” ungkap Syafrudin.

Diketahui, beberapa cabang yang dilombakan di MTQ tingkat Provinsi Gorontalo kali ini adalah cabang seni baca Alquran, qiraah, hafalan, tafsir, fahmil, syarhil, seni kaligrafi, serta karya tulis ilmiah Alquran.

Usai penyelenggaraan MTQ, para juara pada setiap cabang akan mengikuti pemusatan latihan untuk persiapan mengikuti MTQ XXVIII tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Provinsi Sumatera Barat. (adv)

 

Penulis: Hendra Setiawan