Musim Hujan, Dinkes Provinsi Gorontalo Imbau Masyarakat Cegah Malaria

60DTK-Gorontalo: Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Gorontalo, Misranda Nalole mengimbau masyarakat Gorontalo untuk senantiasa menjaga kebersihan, dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan tidak membiarkan adanya genangan – genangan air yang dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk.

Hal ini dikemukakan langsung kepada awak media, usai kegiatan Penguatan Tenaga Mikroskopis dan Cross Checker Malaria, di Hotel Damhil, Kota Gorontalo, Senin (9/03/2020).

Baca juga: Mengenal Desa Lupoyu, Desa Pencegah DBD Di Gorontalo

“Terkait malaria ini, memang penting kesadaran dari masyarakat itu sendiri, karena malaria ini berada di area – area tidak bersih, misalnya genangan air, gantungan – gantungan baju, kemudian ada ban – ban bekas dan kaleng-kaleng,” ujar Misranda.

Menurutnya, pentingnya mencegah malaria ini tidak kalah penting dengan pencegahan virus corona, mengingat demam berdarah telah memakan banyak korban jiwa.

Baca juga: Musim Hujan? Yuk, Waspadai DBD

“Tugas kita dari sektor Dinas Kesehatan tidak henti – hentinya menyampaikan imbauan kepada masyarakat, ini tidak kalah pentingnya dengan covid dengan corona, dan ini memang kita sudah punya program eliminasi 2023 nanti,” tukasnya.

Diketahui, sebagaimana yang tercatat oleh Dinkes Provinsi Gorontalo, kasus malaria di Provinsi Gorontalo pada tahun 2019 terhitung ada 58 kasus. Sementara di tahun 2020 ini yang baru berjalan 3 bulan, sudah ada 31 kasus malaria yang ditemukan.

 

Pewarta: Hendra Setiawan