Sadar Pulang Dari Daerah Terinfeksi Corona, ASN Ini Datang Melapor ke Dinkes

  • Whatsapp
ASN, NA (kiri), saat mendatangi Dinkes Provinsi Gorontalo untuk melapor dan meminta arahan apa yang harus dilakukan untuk pencegahan Covid-19, Jumat (20/03/2020). (Foto - Hendra 60dtk)

60DTK-Gorontalo: Seorang warga Gorontalo yang juga tercatat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), NA, yang baru saja selesai mengikuti dinas di Jakarta, berinisiatif mendatangi Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Gorontalo untuk melapor dan berkonsultasi terkait Corona Virus Disease (Covid-19).

“Kerja dinas, berangkat Senin pulangnya Rabu, karena sudah banyak yang terinfeksi di sana, jadi acaranya dipercepat,” tutur NA kepada kepada awak media 60dtk, Jumat (20/03/2020).

Bacaan Lainnya

Baca juga: Sudah Ada 83 Orang Dalam Pemantauan Corona Di Provinsi Gorontalo

Selain datang melapor, NA juga mendatangi Dinkes dengan maksud untuk mendapatkan arahan terkait langkah – langkah apa saja yang harus Ia lakukan jika baru pulang dari daerah, yang beberapa penduduknya sudah dipastikan terpapar Covid-19.

“Saya untuk mengamankan diri, jadi saya lebih dulu melapor, kebetulan juga saya sudah dari rumah sakit memeriksakan diri,” tambah NA.

Baca juga: Langkah Pencegahan Virus Corona

Sementara itu, Kepala Seksi Surveilans Dan Imunisasi Dinkes Provinsi Gorontalo, Erni Mansur menjelaskan, karena pihaknya sudah membentuk Posko penanganan cepat Covid-19, maka bagi setiap warga yang merasa harusnya sudah masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP), diharapkan untuk segera melapor.

“Jadi ODP yang belum sempat terpantau oleh pihak kesehatan itu melapor ke Posko Covid-19. Kami lakukan pemeriksaan kemudian kita berikan edukasi ke ODP tersebut apa yang harus dilakukan selama dalam masa inkubasi 14 hari,” tutup Erni.

 

Pewarta: Hendra Setiawan

Pos terkait