Nelson Instruksikan Kadis Kesehatan Kawal Bayi Pengidap Hidrosefalus Di Tolangohula

  • Whatsapp
Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat menjenguk bayi pengidap hidrosefalus di Puskesmas Tolangohula, Rabu (18/09). (Foto - Humas Pemkab Gorontalo)

60DTK – KABGOR : Wujud rasa simpatik terhadap masyarakatnya rupanya memang tertanam betul dalam diri Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo. Pasalnya, orang nomor satu di Kabupaten Gorontalo (Kabgor) itu terlihat meluangkan waktunya untuk menjenguk seorag anak yang mengidap penyakit hidrosefalus di Puskesmas Tolangohula, Rabu (18/09).

Berdasarkan informasi yang dihimpun awak media, bayi tersebut merupakan anak dari pasangan Elli Luneto dan Karsum Akuba, warga dusun Limbato, Desa Polohungo, Kecamatan Tolangohula, Kabgor.

Bacaan Lainnya

Baca : 9 Warga Limboto Digigit Anjing, Satu Anjing Di Antaranya Positif Rabies

Selain menjenguk, Nelson juga menginstruksikan Kepala Dinas Kesehatan Kabgor, Roni Sampir untuk melakukan tindakan cepat dan memastikan bayi yang baru berumur tujuh hari itu tetap dalam keadaan sehat.

Oleh Roni, instruksi ini dilaksanakan dengan menugaskan dokter spesialis anak untuk membawa bayi tersebut ke Puskesmas Tolangohula agar dapat ditindak lanjuti.

Baca : Warga Miskin Butuh Kehadiran RS Ainun Habibie

“Instruksi dari Pak Bupati, kami disuruh mengawasi dulu, nanti kalau ada yang terjadi baru kami akan ambil tindakan, termasuk juga memberi rujukan,” ujar Roni saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Ia pun menambahkan, bulan depan bayi tersebut rencananya akan dirujuk ke Rumas Sakit Aloei Saboe untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Baca : Soal Stunting, Nelson: Hampir 30 Persen Anak Indonesia Mengalami Stunting

“Persoalan apakah perlu dilakukan operasi, itu tergantung keputusan dari pihak rumah sakit. Orang tua bayi ini juga punya kartu BPJS, jadi kalau dioperasi, biayanya gratis,” tukas Roni.

Diketahui, hidrosefalus adalah kondisi penumpukan cairan di dalam otak yang mengakibatkan meningkatnya tekanan pada otak. Pada bayi, hal ini ditandai dengan lingkar kepala yang cepat membesar, dan munculnya benjolan yang terasa lunak di ubun – ubun kepala. (Andi/adv)

 

 

.

Pos terkait