Pantau Pungut Hitung, Bawaslu Kerahkan Seluruh Personil

0

60DTK – Gorontalo : Seluruh Staf Bawaslu Provinsi Gorontalo akan diturunkan untuk memantau pemungutan suara Pemilu 2019, 17 April nanti. Mereka ini akan ditempatkan di setiap TPS yang berjumlah 3.363.

Untuk memaksimalkan kinerja pengawasan pemungutan suara itu, Bawaslu Provinsi Gorontalo menggelar simulasi pungut hitung kepada seluruh staf yang akan diturunkan pada pengawasan nanti, Rabu (13/3)

Menurut Komisioner Bawaslu Gorontalo Idrus Usuli, Simulasi tersebut dilaksanakan agar setiap pengawas pemilu sudah mengetahui tata cara pemungutan suara sehingga bisa maksimal dalam pengawasan nanti.

BACA JUGA : BAWASLU : Tambahan Surat Suara di TPS Hanya 2 Persen

“Sehingga ketika terjadi kecurangan di TPS, teman teman kami yang sementara kami bimtek ini bisa memberikan gambaran paling tidak hal hal yang akan terjadi di TPS itu” ungkap Idrus Usuli

Bawaslu juga akan berkoordinasi dengan KPU Provinsi Gorontalo untuk mengidentifikasi TPS rawan. Selain itu, sebelum pembangunan TPS, Bawaslu juga akan meminta KPU agar tidak menempatkan TPS di beberapa tempat yang berpotensi masalah.

BACA JUGA : Jaharudin Bina SDM Keuangan Jajaran Bawaslu se – Provinsi Gorontalo

Diantaranya, TPS tidak boleh ditempatkan di daerah rawan banjir, jauh dari pemukiman, serta mudah dijangkau oleh masyarakat yang berkebutuhan khusus serta dalam keadaan sakit.(rds)

Penulis : Moh. Efendi

Editor : Fry

Tinggalkan Balasan