Pasar Dungigi Terbakar, Kerugian Diduga Hingga Ratusan Juta

60DTK-Gorontalo: Diduga akibat korsleting listrik, Pasar Dungingi yang berada di kawasan Jembatan Jodoh, Kelurahan Huangobotu, Kecamatan Dungingi, Kota Gorontalo, dilahap si jago merah, Kamis (19/12/2019) pukul 01.15 dini hari.

Petugas Keamanan Pasar, Arif Humonti mengungkapkan, api bermula dari salah satu warung pedagang bernama Mani Renggo yang berada di depan pasar. Ia mengaku sempat memadamkan api dengan alat seadanya bersama warga lainnya, tapi kobaran api begitu cepat membesar dan merembet hingga ke lapak dan ruko pedagang lainnya.

Baca juga: Di Kabgor, 53 Kali Kebakaran Terjadi Selama Musim Kemarau

“Sebelum terbakar, sempat timbul api di dalam warung Mani Renggo yang menyebabkan listrik di warungnya mati. Kemudian tidak lama kemudian Mani Renggo memanggil saya dan meminta tolong karena api sudah mulai membesar,” beber Arif.

Menurutnya, api sangat cepat membesar karena warung tersebut banyak menyimpan kardus yang berisi barang dagangan. Ia juga mengaku sempat mengadang pemilik warung yang mau masuk ke dalam warungnya lagi untuk menyelamatkan barang dagangan, sementara api sudah mulai membesar.

Baca juga: Kebakaran Melanda Rumah Warga Di Kota Tengah

“Saya sempat menarik Mani Renggo yang ingin menyelematkan barang berharga di dalam warung. Saya bilang nyawa yang penting dari harta,” tuturnya.

Terkait kebakaran ini, Kapolsek Dungingi, Mohammad Atmal mengatakan, kebakaran pasar ini diduga karena putusnya arus pendek listrik. Namun, pihaknya masih akan melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Baca juga: Pemkab Gorut Salurkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran Atinggola

“Dugaan sementara yang berkembang akibat gesekan arus listrik. Kami masih akan menyelidiki lagi penyebab kebakaran dan masih mendata berapa warung atau lapak pedagang yang terbakar,” ucapnya.

Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Namun, kerugian pedagang ditafsirkan mencapai ratusan juta rupiah, melihat api baru berhasil dipadamkan satu jam setelah kejadian. (rls)

 

Sumber: Read.id