Jubir: Gubernur Gorontalo, Cerminan Kepala Daerah yang Dibutuhkan Rakyat

  • Whatsapp
Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, bersama jajarannya, saat membawa bantuan kepada warga Desa Tabongo Timur, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo, yang menjadi korban kebakaran, Selasa (17/03/2020). (Foto – Humas Pemprov Gorontalo)

60DTK-Gorontalo: Kebakaran yang melanda 7 rumah di Desa Tabongo Timur, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo, mendapat perhatian serius dari Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie. Di tengah padatnya agenda pemerintahan, Rusli masih meluangkan waktu untuk datang dan bertatap muka dengan 9 Kepala Keluarga (KK) dengan 29 jiwa yang menjadi korban kebakaran tersebut, Selasa (17/03/2020).

Tak hanya menyerahkan bantuan saja, kedatangan pemimpin yang senantiasa cepat menanggapi bencana itu juga merupakan bentuk keprihatinan, sekaligus memberi dukungan morel (moril) bagi korban kebakaran.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Pemprov Gorontalo Bantu Korban Kebakaran Di Tabongo

Juru Bicara (Jubir) Khusus Gubernur Gorontalo, Novalliansyah Abdussamad menuturkan, Rusli Habibie berharap kebakaran ini bisa disikapi dengan baik. Sebab menurutnya, tidak ada satu pun manusia yang ingin, atau meminta agar musibah datang. Oleh sebab itu, kewaspadaan diri dan keluarga perlu ditingkatkan, untuk meminimalisir segala kemungkinan yang akan terjadi.

“Masyarakat perlu untuk waspada dan harus paham bahwa salah satu penyebab kebakaran adalah arus pendek listrik. Musibah yang menimpa warga Tabongo adalah musibah yang harus diterima dan disikapi dengan bijak, karena tidak ada manusia yang ingin tertimpa musibah,” ujar Noval, mengutip apa yang dikatakan Rusli.

Baca juga: Gubernur Gorontalo Salurkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran Di Tabongo

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, saat menyerahkan bantuan kepada warga Desa Tabongo Timur, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo, yang menjadi korban kebakaran, Selasa (17/03/2020). (Foto – Humas Pemprov Gorontalo)

Selain itu, Ia juga mengatakan bahwa Rusli Habibie sangat tanggap terhadap setiap musibah yang dialami masyarakat di Gorontalo. Kehadirannya sebagai kepala daerah sangat dibutuhkan, sebab merupakan salah satu wujud kepedulian pemerintah terhadap masyarakat.

“Pak Gubernur awalnya pagi tadi agendanya pemantauan antisipasi virus corona di beberapa titik di Kota Gorontalo. Akan tetapi setelah mendapat kabar adanya warga yang tertimpa kebakaran, maka beliau langsung mengubah agenda kegiatan. Yaitu mengunjungi terlebih dahulu korban kebakaran, lalu kemudian menuju Bandara Djalaludin untuk melakukan peninjauan serta pemeriksaan pencegahan virus corona,” tutur Noval.

Baca juga: Bersama BPBD, Idah Ikut Serahkan Bantuan Korban Kebakaran Di Bongomeme

“Bapak Gubernur Rusli Habibie merasa sangat prihatin. Para korban kebakaran selain kehilangan harta benda, juga membutuhkan sentuhan langsung dari Pak Gubernur,” tambah Noval.

Selain itu, menurut Noval, manajemen dan skala prioritas terhadap masyarakat dari Gubernur Gorontalo itu, sangat pantas diapresiasi dan dijadikan contoh untuk semua kepala daerah.

Baca juga: Bersama Damkar, BPBD Kabgor Gelar Simulasi Penanganan Awal Kebakaran

Diketahui, dalam kunjungan tersebut, Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie memberikan beberapa bantuan, di antaranya beras, pakaian dewasa dan anak, makanan siap saji, mi instan, peralatan dapur, kasur, hingga selimut, yang disalurkan melalui Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo. (adv)

Pos terkait