Pemkab Gorontalo dan BPJamsostek Komitmen Lindungi Para Pekerja

  • Whatsapp
Pemkab Gorontalo dan BP Jamsostek Gorontalo Komitmen Lindungi Para Pekerja
Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, Audiensi dengan Jajaran BPJamsostek Cabang Gorontalo, Selasa (13/04/2021). Foto: Istimewa

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Gorontalo berkomitmen memberikan perlindungan kepada para pekerja melalui kepesertaan BPJS Tenaga Kerja.

Komitmen kedua pihak ini ada sebagai bentuk tindak lanjut atas keluarnya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2021, tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek), pada 25 Maret 2021 lalu.

“Tadi kami sudah bicara, pekerja ini harus dilindungi. Saya juga sudah bicara dengan BKD, Badan Keuangan, Dinas Tenaga Kerja dan Kepala Desa,” kata Nelson di rumah pribadinya, usai melakukan eudiensi dengan Kepala dan sejumlah jajaran BPJamsostek Gorontalo, Selasa (13/04/2021).

Pemkab Gorontalo dan BP Jamsostek Gorontalo Komitmen Lindungi Para Pekerja
Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, Audiensi dengan Jajaran BPJamsostek Cabang Gorontalo, Selasa (13/04/2021). Foto: Istimewa

Menurut Nelson, jaminan kesehatan merupakan kebutuhan mendasar bagi setiap pekerja. Karenanya, pemerintah tidak bisa hanya memikirkan pembukaan lapangan kerja seluas-luasnya, tanpa memikirkan perlindungan kepada mereka.

“Dalam waktu satu sampai dua bulan ke depan, kita akan rumuskan berbagai hal, termasuk mendata kembali pekerja yang ada di Kabupaten Gorontalo, mana yang bisa mandiri dan tidak, mana yang belum terdaftar dan sebagainya,” pungkasnya.

Baca Juga: Pemkab Gorontalo Evaluasi Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka, Ini Hasilnya

Kepala BPJamsostek Cabang Gorontalo, Hendra Elvian menambahkan, pihaknya sangat terdorong bisa membantu Pemkab Gorontalo mengikutsertakan para pekerja dalam kepesertaan BPJS Tenaga Kerja. Sebab hal itu akan bisa memberikan perlindungan kepada mereka bila nanti terjadi sesuatu.

“Dengan adanya dukungan dari pemerintah, semoga kami ke depan terpacu juga untuk memberikan sosialisasi dan informasi yang lebih banyak kepada masyarakat,” harapnya. (adv)

Pos terkait