Pemkab Gorontalo Segera Uji Coba Sistem Pasar Online

  • Whatsapp
Kepala Bidang Pasar Disperindag Kabgor, Rahmanto Lahili, saat menyosialisasikan sistem pasar online di pasar harian Shopping Center Limboto, Selasa (21/04/2020). (Foto - Andi 60dtk)

60DTK-Kabupaten Gorontalo: Pemkab Gorontalo rencananya akan melakukan uji coba sistem pasar online di pasar harian Shopping Center Limboto, Kelurahan Kayu Bulan, Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Berkenaan dengan rencana tersebut, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabgor pun melakukan sosialisasi terkait pasar online tersebut kepada para pedagang dan pembeli, Selasa (21/04/2020).

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Baca juga: Pemkab Gorontalo Gagas Pembuatan Pasar Online Di Tengah Pandemi Covid-19

“Di Kabupaten Gorontalo, kita akan uji coba pasar online ini di tiga titik, yakni pasar harian Kayu Bulan (read: Shopping Center), pasar Datahu, sama pasar Telaga. Untuk tahap pertama kita uji coba di pasar harian Kayu Bulan,” ujar Kepala Bidang Pasar Disperindag Kabgor, Rahmanto Lahili.

Sebagaimana diberitakan 60dtk sebelumnya, Rahmanto juga menjelaskan bahwa rencana pemberlakuan sistem pasar online ini bertujuan untuk mengurangi aktivitas masyarakat, khususnya di pasar, bersamaan adanya pandemi Covid-19.

Baca juga: Puluhan Tenaga Medis Di Kabgor Jalani Pemeriksaan Rapid Test Covid-19

“Jadi yang ada di pasar harian Kayu Bulan ini hanya pedagang, dan pengunjung bisa memesan kebutuhan dari rumah dengan menggunakan aplikasi atau website. Untuk zona dan besaran pembayaran itu masih akan kita rapatkan kembali,” jelasnya.

Ia menuturkan, sejauh ini jumlah pedagang di pasar harian Kayu Bulan, khususnya pedagang kebutuhan harian, serta abang bentor sebagai pengantar barang pesanan masih terus didata.

Baca juga: Satu PDP Di Kabgor Yang Meninggal, Dipastikan Belum Positif Covid-19

“Waktu dan masa uji coba untuk saat ini belum bisa ditentukan. Tapi database-nya sudah kita siapkan, dan kalau zona dan tarif sudah ditetapkan, itu sudah akan di-launching oleh Bapak Bupati Nelson Pomalingo,” ungkapnya.

Ditemui di tempat terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabgor, Haris Suparto Tome mengatakan, persiapan aplikasi pasar online sejauh ini sudah mencapai 80 persen.

Baca juga: 73 Jamaah Tablig Kabgor Dipulangkan Usai Jalani Isolasi

“Kita rencanakan namanya Pataligorontalokab.go.id. Modelnya ini masih berbasis web, dan nanti akan dikembangkan pada model aplikasi,” jelas Haris.

Ia menambahkan, aplikasi atau website pasar online ini pun diupayakan secepat mungkin sudah dapat diakses oleh masyarakat Kabgor untuk memenuhi kebutuhan.

Baca juga: Nelson Melapor Ke Gubernur Terkait Penanganan Covid-19 Yang Sudah Dilakukan Di Kabgor

“Pelaksanaan uji coba kita rencanakan secepat mungkin,” pungkasnya. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait