Pemkab Gorut Siapkan Dana Sebesar Rp9,9 Miliar Untuk Hadapi Covid-19

60DTK-Gorontalo Utara: Pemerintah Gorontalo Utara (Gorut) telah menyiapkan dana sebesar Rp9,9 miliar untuk menghadapi pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Gorut, Ridwan Yasin, usai melaporkan hasil rapat Tim Anggaran Pemerintah Daerah ke Bupati Gorut, Kamis (26/03/2020).

“Jadi yang diajukan oleh OPD itu lebih kurang Rp18 miliar yang dibahas oleh Pak Wakil bupati bersama OPD terkait. Setelah kami menghitung, ternyata yang dibutuhkan untuk tiga bulan ke depan itu lebih kurang Rp9,9 miliar di luar dana pendidikan,” tutur Ridwan.

Baca juga: Sekda Gorut Dan Tim Lakukan Pemeriksaan Suhu Tubuh Di Perbatasan Tolinggula – Buol

Selaku Ketua Tim Anggaran, Ridwan menambahkan, dari Rp9,9 miliar itu pun belum termasuk dana penanganan bagi anak – anak sekolah yang ada di Gorut.

“Yang pendidikan itu Rp1,5 miliar itu khusus untuk penanganan anak – anak sekolah. Tapi anak – anak sekolah ini kan sekarang libur, nanti sebelum mereka masuk kita akan lakukan penyemprotan kemudian kita akan membagikan masker kepada seluruh anak didik di Kabupaten Gorontalo Utara,” tambahnya.

Baca juga: GTPP Covid-19 Gorontalo Perketat Wilayah Perbatasan

Ia pun menegaskan bahwa dana sebesar Rp9,9 miliar itu sudah dilakukan kajian secara matang, dan sudah memperhatikan standar – standar pengelolaan keuangan.

“Misalnya kita berorientasi pada hasil bukan pada proses. Contoh misalnya, banyak OPD yang melakukan misalnya perjalanannya sekian ratus juta, bahan bakar sekian ratus juta, makan dan lain sebagainya itu kan orientasi proses. Namun bukan berarti itu tidak penting, tapi jauh lebih penting kita melakukan pengadaan peralatan atau APD untuk sesegera mungkin,” tutupnya. (adv)

 

Pewarta: Usman Dai

Comments are closed.