Pemkab Gorut Terima Bantuan Alat Deteksi Tsunami Dari BMKG Pusat

60DTK, Gorontalo Utara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara (Gorut) menerima bantuan alat diseminasi dan peringatan dini gempa bumi dan tsunami, dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pusat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Gorut, Ridwan Yasin menuturkan, bantuan tersebut merupakan tindak lanjut dari Perpres nomor 93 tentang penguatan dan pengembangan sistem informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami.

Baca juga: Gorut Terpilih Jadi Daerah Binaan Kejaksaan Tinggi Gorontalo

“Alhamdulillah Pemkab Gorut telah memiliki alat diseminasi dan peringatan dini gempa bumi dan tsunami yang disebut dengan Warning Receiver System (WRS),” ujar Ridwan saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Jumat (10/07/2020).

Ia mengaku, bantuan tersebut akan sangat membantu pihaknya dalam mengontrol sekaligus merespons cepat ketika terjadi bencana di Gorut.

Baca juga: Sekda Ridwan Yasin Serahkan BLT Tahap III Di Desa Motihelumo

“Kami pemerintah akan lebih mengontrol langsung dan bisa merespons cepat ketika terjadi bencana,” tambahnya.

Untuk itu, Ia pun mengucapkan terima kasih tak terkira kepada BMKG Pusat dan BMKG Gorontalo, yang telah memberikan bantuan tersebut untuk Pemkab Gorut.

Baca juga: Ridwan Yasin Salurkan BLT-DD Tahap II Di Desa Wubudu

“Terima kasih karena Gorontalo Utara merupakan salah satu daerah sasaran pemberian fasilitas deteksi dini tersebut di Provinsi Gorontalo,” tutupnya. (adv)

 

Pewarta: Usman Dai