Pemprov Gorontalo Manfaatkan UMKM Dalam Kembangkan Pangan Lokal

60DTK, Gorontalo – Pemprov Gorontalo melalui Dinas Pangan Provinsi Gorontalo, berupaya mengembalikan minat masyarakat terhadap pangan lokal. Salah satunya dengan memberikan bantuan kepada setiap pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) produk pangan, melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo, Sutrisno menjelaskan, mengembangkan pangan lokal berbasis UMKM ini merupakan langkah yang sangat strategis, dan sudah sesuai dengan apa yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian RI.

Baca juga: Pemprov Gorontalo Upayakan Bandara Djalaludin Jadi Internasional

“Hal ini sejalan dengan komitmen Presiden RI untuk mengembangkan dan memberdayakan UMKM, sehingga hasil dan kualitas produk olahan dari UMKM dapat meningkat. Kementerian Pertanian akan terus mengembangkan UMKM, terutama yang bergerak pada pengembangan produksi berbasis pangan lokal,” jelas Sutrisno saat membuka sosialisasi program KUR bagi UMKM produk pangan lokal di Hotel Grand Q, Jumat (4/09/2020).

Untuk itu, kata dia, pemerintah saat ini tengah mengembangkan pangan lokal yang nantinya diperkirakan akan mengganti beras dan gandum, karena ini akan menekan tingkat konsumsi beras dan terigu yang dari tahun ke tahun terus meningkat.

Baca juga: BKD Gorontalo Ingatkan Pimpinan OPD Soal Prosedur Penindakan Disiplin Pegawai

“Pihak perbankan terus memberikan kemudahan dalam akses kredit, serta pihak swasta menumbuhkan kemitraan dengan UMKM dalam produksi, pengolahan, dan pemasaran pangan lokal,” ungkap Mantan Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo itu.

Diketahui, dalam kegiatan sosialisasi program KUR bagi UMKM produk pangan lokal tersebut, pemerintah turut menghadirkan narasumber dari beberapa bank pemerintah yang menyalurkan KUR, seperti BNI dan BRI, dan diikuti oleh para pelaku usaha di bidang industri pangan lokal se – Provinsi Gorontalo. (adv)

 

Pewarta: Hendra Setiawan