Peringatan Hari Otonomi Daerah 2019, Begini Pesan Mendagri

  • Whatsapp
Sejumlah Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemprov Gorontalo mengikuti upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke-23 yang dirangkaikan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana ke-12 tahun 2019 di halaman Museum Purbakala Provinsi Gorontalo, Senin (29/4/2019). (Foto : Haris – Humas)

60DTK – KOTA GORONTALO : Wakil Gubernur Gorontalo H.Idris Rahim bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke-23 tahun 2019 yang digelar di halaman Museum Purbakala Provinsi Gorontalo, Senin (29/4/2019).

Pada kesempatan itu Wagub Idris Rahim membacakan amanat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia yang menyampaikan bahwa pelaksanaan otonomi daerah pasca reformasi hingga sekarang telah mengalami banyak kemajuan. Pelaksanaan otonomi daerah telah mendorong terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan serta partisipasi aktif masyarakat dan mampu meningkatkan daya saing.

Bacaan Lainnya

“Otonomi daerah secara nyata telah mendorong budaya demokrasi di tengah masyarakat. Daerah didorong dan diberi kesempatan yang luas untuk mengembangkan inovasi untuk kemajuan pembangunan,” ujar Idris.

BACA JUGA : Persyaratan Pengelolaan DAK Masih Jadi Masalah Di OPD

Lebih lanjut diungkapkannya bah dalam penyelenggaraan otonomi daerah, masyarakat tidak dapat dianggap hanyalah sebagai konsumen pelayanan publik, tetapi dituntut adanya kemampuan untuk memperlakukan masyarakat sebagai citizen termasuk bagaimana meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.

“Untuk itu semua aparatur sipil negara di daerah harus memberikan pelayanan publik yang lebih berkualitas sebagai wujud pelaksanaan reformasi birokrasi di daerah,” imbuhnya.

Hari Otonomi Daerah ke-23 tahun 2019 mengangkat tema ‘Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif’.

BACA JUGA : Gorontalo Tempati Posisi III ANRI Awards 2019

“Mari kita kawal otonomi daerah agar selalu diisi dengan kegiatan dalam meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah yang berorientasi pada pelayanan masyarakat guna mewujudkan kesejahteraan  masyarakat dan peningkatan sumber daya manusia melalui kegiatan yang kreatif dan inovatif,” tandas Wagub Idris Rahim.

Peringatan Hari Otonomi Daerah tingkat Provinsi Gorontalo dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana ke-12 serta penyerahan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Awards dan Surat Keputusan Kenaikan Pangkat bagi aparatur di lingkungan Pemprov Gorontalo.

BACA JUGA : Gelar Rakor, Ini Yang Dibahas TP.PKK Provinsi Gorontalo

Diakhir kegiatan itu Wagub Idris Rahim memimpin yel-yel peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana ke-12 tahun 2019 dengan hastag #Siapuntukselamat dan #Kitajagaalamjagakita. (rls)

Sumber : Humas Gorontalo Prov

Pos terkait