Pertama di Dunia, Australia Luncurkan Kamera Lalu Lintas Pendeteksi Ponsel

60DTK-Internasional: Australia akhirnya meluncurkan ‘teknologi pertama di dunia’ berupa kamera yang bisa mendeteksi pengemudi yang menggunakan ponsel, yang akan dioperasikan selama 24 jam sehari dan dalam segala cuaca, Minggu (01/12/2019).

Menteri Jalan Raya New South Wales Australia, Andrew Constance menuturkan, teknologi ini akan menargetkan penggunaan ponsel ilegal lewat kamera – kamera yang dipasang secara permanen dan mobile. Diketahui, akan ada 45 kamera yang dipasang di seluruh negara bagian paling padat itu dalam tiga tahun ke depan.

Baca juga: Sopir Diduga Mabuk, Mobil Ini Terjun Bebas Ke Selokan Limba U II

Adapun untuk tiga bulan pertama, para pengemudi yang tertangkap menggunakan ponsel secara ilegal baru akan mendapat peringatan. Setelah itu, para pelanggar akan dikenai denda yang cukup mahal dan dikurangi poin pada SIM – nya.

Hal ini diberlakukan bukan tanpa alasan, melainkan sebagai sebuah gerakan tanggap untuk menyikapi berbagai kasus kematian yang terjadi di Australia dalam setahun terakhir.

Baca juga: Sering Terjadi Kecelakaan, GORR Butuh Penerangan Jalan

Diketahui, pada tahun 2019 ini, ada sekitar 329 orang meninggal dunia di jalan – jalan New South Wales, karena menggunakan ponsel secara ilegal. Oleh karena itu, para pejabat NSW di Australia berupaya mengurangi jumlah kematian di jalan sebanyak 30% pada 2021 mendatang, salah satunya dengan cara ini. (rls)

 

Sumber: VOA Indonesia