Pulihkan Psikologi Anak-anak, Relawan RNPB Laznas LMI Dampingi Pengungsi

60DTK, Nganjuk – Bencana Tanah Longsor yang terjadi di Dusun Selopuro, Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Minggu (14/2/2021), menyisakan duka mendalam bagi keluarga korban serta masyarakat yang terdampak bencana.

Tim gabungan melakukan pencarian korban, ada juga sejumlah relawan bertugas mengobati rasa trauma masyarakat terutama anak-anak, bertempat di SDN Ngetos 3 dan di rumah kepala desa, Jumat (19/2/2021). Seperti halnya yang dilakukan Relawan Nasional Penanggulangan Bencana (RNPB) Laznas LMI, yang dinakhodai Susanto.

Pulihkan Psikologi Anak-anak, Relawan RNPB Laznas LMI Dampingi Pengungsi
Tim Relawan RNPB Menghibur Anak-anak Korban Longsor dengan Permainan Sederhana. (Foto: Puguh 60DTK)

“Psikososial sangat penting dilakukan di tengah musibah seperti saat ini, dampak emosional yang dialami orang dewasa kususnya anak-anak sagat berpengaruh pada fisik dan kejiwaannya, maka hal ini wajib kita lakukan” terang Susanto.

Sekitar 14 anak-anak yang berada di posko pengungsian rata-rata mereka masih mengalami trauma semenjak adanya musibah tersebut. ada yang ketakutan, ada yang bingung dan berbagai keluhan lainnya.

Baca Juga: Diduga Makan Mie Ayam, Sejumlah Pengungsi Korban Longsor Keracunan

“Edukasi dan hiburan adalah cara kami untuk kembali memulihkan psikis mereka. Selain itu, hiburan juga akan menghilangkan tingkat kejenuhan saat anak-anak berada dalam posko pengungsian,” tambahnya.

Diharapkan, setelah adanya edukasi psikosial yang dilakukan, para korban dapat memulai aktifitas barunya seperti sebelumnya.

 

Pewarta: Puguh Setiawan

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles