Sahabat Pulau Gorontalo Akan Gelar Youth Camp SDG’s, Maret Mendatang

60DTK-Gorontalo: Sahabat Pulau Indonesia chapter Gorontalo, akan menggelar Youth Volunteer Camp (YVC) yang akan serentak dilaksanakan di beberapa kota lainnya seperti Yogyakarta, Lampung, Majene, Bulukumba, Pangkep, Bima, Kepulauan Seribu, dan Kutai Kartanegara.

Youth Camp yang akan digelar pada tanggal 5 sampai dengan 8 Maret 2020 mendatang di Kelurahan Tanjung Keramat, Kota Selatan, Kota Gorontalo ini, mengusung tema “Spirit Kolaborasi Proaktif Kaum Muda Dalam Merespons Sustainable Development Goals (SDG’s)” yang memang sedang menjadi perhatian utama Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB) dalam kegiatannya di Rio de Jeneiro, Brazil, Juni 2012 silam.

Baca juga: Monolog, Puisi, Dan Lagu Sendu Dalam Refleksi GESTAPU Di Akhir September

Kemah ini, nantinya akan menjadi ajang untuk menjaring kelompok muda, organisasi, paguyuban, serta komunitas yang ada di Gorontalo, agar bisa sama – sama merespons wacana SDG’s tersebut.

“Agenda YVC yang merupakan agenda tahunan Sahabat Pulau Indonesia chapter Gorontalo, kali ini dikemas dalam sebuah agenda besar yang bersifat kolaborasi. Ini kegiatan yang jarang, atau bahkan hampir tidak pernah dilaksanakan di Gorontalo. Antusiasme kelompok muda juga sebenarnya yang harus berada di barisan paling depan dalam wacana yang akan kita angkat ini,” jelas Ketua Sahabat Pulau Indonesia chapter Gorontalo, Uyo.

Baca juga: Cerita Dari Sampul Belakang & POTOH, Napas Terakhir Perang Ideologi

Ia menambahkan, kegiatan ini juga dilaksanakan berangkat dari kecemasan melihat kondisi sosial hari ini. Dan karena kelompok kaum muda lah yang memiliki energi paling besar untuk melakukan pergerakan, maka menurutnya sangat cocok dan penting peran kelompok muda dalam memahami wacana SDG’s tersebut.

“Harapannya, akan ada rekomendasi model kerja sama kolaboratif antar lembaga yang hadir dan juga ada rekomendasi mengenai fokus kerja partisipasi kelompok kaum muda Gorontalo,” harap Uyo.

Baca juga: Aksi Refleksi GESTAPU, Dan Kisah – Kisah Di Baliknya

Sementara itu, Ketua Panitia YVC, Efendi Pontoh menuturkan, memang perlu adanya forum bersama dalam lingkaran kelompok muda untuk membicarakan langkah – langkah teknis dalam menjawab dinamika sosial hari ini yang terjadi di semua sektor, mulai dari sektor pendidikan, sosial budaya, hingga ekonomi politik.

“Nanti YVC ini akan berlokasi di Kelurahan Tanjung Keramat, Kota Selatan, juga melibatkan partisipasi warga dalam hal tempat tinggal. Panitia telah mengatur bahwa setiap peserta akan tinggal bersama warga. Hal itu agar dapat membangun silaturahmi dan tentunya bagi peserta mampu bersosialisasi dengan warga setempat,” tutup Efendi.

Baca juga: Komunitas Milenial, Deklarasi Limboto Kota Kreatif

Dalam rangkaian kemah pemuda, selain merupakan ajang jabat erat antar komunitas, juga akan di isi dengan materi-materi yang bertujuan menguatkan pemahaman terhadap kerja pertisipasi kelompok kaum muda pada bidang masing-masing. Selain itu akan ada FDC, games Edu sport wariorr, malam bincang komunitas, dan juga dialog public bersama pemerintah kota.

Senada dengan hal itu Fian Harun selaku devisi Desa Preneur menambahkan bahwa saya rasa penting kegiatan ini sebagai langkah alternative untuk mendorong sinergitas antara pemerintah dan kelompok kaum muda yang mendominasi ativitas literasi di kota.

Comments are closed.