Sekda Darda Daraba Dorong PPNS Gorontalo Miliki Sekretariat

  • Whatsapp
Sekda Provinsi Gorontalo, Darda Daraba saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Evaluasi Kinerja PPNS dan Satpol PP dalam Penegakan Peraturan Daerah Se-Provinsi Gorontalo tahun 2019 di Hotel Travello, Manado, Kamis (14/2/2019). (Foto – Adit)

60DTK – MANADO : Menangkapi edaran Menteri Dalam Negeri nomor : 182.1/857/SJ tentang pedoman pemberdayaan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) di daerah tanggal 18 Maret tahun 2011, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Gorontalo, Darda Daraba mendorong agar PPNS di Satpol PP memiliki kantor secretariat sendiri.

Hal ini diungkapnya pada Rapat Koordinasi Evaluasi Kinerja PPNS dan Satpol PP dalam penegakan peraturan daerah se-Provinsi Gorontalo tahun 2019 di Hotel Travello, Manado.

Bacaan Lainnya

“PPNS yang bertugas untuk membantu tugas kepolisian dalam melakukan penegak hukum bahkan hingga tingkat penyidikan sudah seharusnya memiliki wadah untuk melakukan koordinasi, fasilitasi, administrasi, operasional, monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas PPNS,” kata Darda. Kamis (14/2/2019)

BACA JUGA : Pemprov Beri Penghargaan Ke 15 Perusahaan Nihil Kecelakaan

Dikatakannya, Selama ini ruang lingkup tugas dan tanggung jawab PPNS masih banyak menemukan banyak kendala dalam implementasinya. Tidak saja dalam hal fasilitas kantor, tetapi juga masih Kurangnya tenaga PPNS di lingkungan pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

Diberikannya wewenang penyidikan kepada PPNS dilingkungan pemerintahan daerah merupakan salah satu upaya agar penanganan terhadap suatu peristiwa atau perkara pelanggaran perundang-undangan dan perda dapat dilakukan secara cepat, tepat dan profesional tanpa tekanan atau pengaruh dari manapun. Ia menilai, sekretariat PPNS sangat penting dalam rangka meningkatkan koordinasi lintas instansi organisasi perangkat daerah yang terkait langsung dengan penegakan peraturan daerah.

“Saya berharap setelah terbentuknya sekretariat maka kedepan peran PPNS dalam penegakkan perda dan undang-undang sesuai dengan kewenangan PPNS akan lebih optimal. Antar instansi pelaksana penegak peraturan semakin diefektifkan sejalan juga dengan peningkatan SDM PPNS itu sendiri,” harapnya.

BACA JUGA : Kesbangpol Ambil Peran Wujudkan Generasi Muda Gorontalo Tanpa Narkoba

Rapat koordinasi yang dilaksanakan oleh Satuan Polisi Pamong Praja, Linmas dan Kebakaran Provinsi Gorontalo ini berlangsung selama satu hari dan diikuti oleh kepala Satpol PP Kabupaten dan Kota se Provinsi Gorontalo, PPNS pada kantor Satpol PP Kabupaten/Kota se Provinsi Gorontalo, Unsur PPNS dilingkungan Pemprov Gorontalo, dan unsur Satpol PP, Linmas dan Kebalaran Provinsi Gorontalo.

(rls)

Sumber : Humas Gorontalo Prov

Pos terkait

Tinggalkan Balasan