Survei Membuktikan, Pelayanan RS Ainun Masuk Kategori Sangat Baik

60DTK – GORONTALO – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Hasri Ainun Habibie kembali mengeluarkan hasil survei triwulan yang dilakukan terhadap pelayanan di rumah sakit. Dari survei, ternyata 90,63 persen masyarakat puas dengan pelayanan rumah sakit Pemprov Gorontalo tersebut.

Direktur RSUD Ainun Habibie, dr. Yana Yanti Suleman mengatakan bahwa survei ini diambil untuk melihat sejauh mana pelayanan yang telah diberikan rumah sakit kepada masyarakat atau pasien. Sebab indikator dari pelayanan sendiri adalah kepuasan dari masyarakat.

“Kita mengambil responden sebanyak 50 orang, terbagi 25 responden rawat jalan dan 25 responden rawat inap. Dari responden ini mengisi kuesioner yang kita berikan. Hasilnya, 90,63 persen kategori sangat baik sehingga membuat masyarakat atau pasien puas dengan pelayanan di RS Ainun. Survei ini sendiri rutin kami laksanakan setiap tiga bulan sekali,” tutur Yana.

BACA JUGA : Gorontalo Terus Matangkan Persiapan Offroad JWAG Tahun 2020

Adapun indikator yang menjadi penilaian pada survei kepuasan tersebut yaitu Pelayanan Masuk Rumah Sakit, Pelayanan Dokter, Pelayanan Perawat, Pelayanan makanan pasien, Sarana Medis dan Obat-obatan, Kondisi fasilitas RS (fisik RS), Kondisi fasilitas ruang perawatan, serta Pelayanan administrasi keluar RS.

Dari hasil survei ini nantinya akan terus menjadi perhatian dari pihak rumah sakit. Ketika ada beberapa ketegori yang dinilai cenderung turun. Maka akan dilakukan evaluasi dan pembenahan untuk kebutuhan peningkatan pelayanan di RS Ainun. Unit pengaduan RS Ainun ini juga merupakan pelayanan publik, dimana harus mempunyai unit pengaduan. Terpenting juga bahwa setiap tenaga di RS Ainun selalu menerapkan 5S+2P, yaitu Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Peduli dan Perhatian.

BACA JUGA : Sektor UMKM Dan Pariwisata Dapat Perhatian Khusus KPw BI Gorontalo

“Kita butuh support dari masyarakat/pasien. Sehingga ketika tidak merasa nyaman. Ada pos pengaduan, atau kotak saran dan keluhan. Masyarakat bisa melapor atau mengirimkan surat disitu. Nanti setiap pekannya kita lakukan evaluasi dari keluhan masyarakat,” tandas Yana. (adv)

Sumber : Humas Gorontalo Prov 

Comments are closed.