Tak Percaya Diri Dengan Perut Buncit? Simak Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
(Ilustrasi: jakartamencilinic.com)

60DTK, Gorontalo Utara – Perut buncit bagi sebagian orang memang sudah dianggap biasa. Namun, tidak sedikit juga orang yang merasa tidak percaya diri dengan perut buncitnya, karena dianggap bisa mengganggu penampilan.

Nah, kali ini 60dtk akan mengulas beberapa faktor penyebab perut buncit, serta cara mengatasinya.

Bacaan Lainnya

Penyebab pertama: pertambahan usia. Memang, seiring bertambahnya usia, perut manusia rentan sekali menjadi buncit, apalagi jika usia sudah 40 tahun ke atas.

(Ilustrasi: jakartamencilinic.com)

Mengapa? Karena dengan bertambahnya usia, metabolisme pada tubuh sudah mulai menurun, dan membuat kemampuan sel dalam tubuh yang berfungsi untuk menyimpan lemak mulai berkurang. Akibatnya, lemak akan langsung disimpan di bagian perut yang mengakibatkan perut menjadi buncit.

Penyebab kedua: malas berolahraga. Olahraga merupakan aktivitas paling penting untuk membantu menyehatkan tubuh. Jika malas berolahraga, seluruh lemak yang dihasilkan oleh makanan tidak akan terbakar, dan justru akan menumpuk di area perut dan menjadi lemak visceral.

Adapun lemak visceral ini dapat terbakar selama kita sering melakukan aktivitas fisik. Olahraga yang dapat membantu membakar lemak pada perut itu di antaranya adalah senam aerobik, jogging, dan zumba.

Penyebab ketiga: kurang tidur. Tidur yang teratur sangat membantu meningkatkan kesehatan tubuh manusia. Banyak penelitian menemukan bahwa kurang tidur mampu meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Hal itu pun sangat berpengaruh pada penumpukan lemak visceral.

Jika manusia tidur kurang dari enam jam setiap malam, itu dapat berisiko memiliki perut yang buncit. Selain itu, kurang tidur bisa memicu hormon ghrelin dan menurunkan hormon leptin. Hal ini membuat setiap orang cepat merasa lapar dan ingin makan terus-menerus.

Untuk menghindari penyebab perut buncit, kita bisa melakukan beberapa aktivitas sederhana yang dapat efektif menyehatkan tubuh, terutama mencegah terjadinya penumpukan lemak di perut.

Caranya bagaimana? Pertama, berolahraga secara teratur. Olahraga yang cukup bisa membantu mencegah terjadinya efek penumpukan lemak pada perut. Cobalah menyempatkan waktu untuk melakukan olahraga 30 menit saja dalam sehari. Selain membakar lemak, olahraga juga dapat membentuk serta meningkatkan massa otot pada tubuh.

Kedua, perhatikan asupan makanan sehari-hari. Jika ingin menghindari perut buncit, kita harus memperhatikan porsi makan serta asupan gizi yang dikonsumsi. Perlu juga diingat bahwa makanan yang ingin dikonsumsi harus yang mengandung serat, protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang seimbang.

Selain itu, serat tak kalah penting untuk mencegah timbunan lemak. Riset menemukan bahwa dalam mengonsumsi 10 gram serat per hari (seperti satu buah apel kecil ataupun secangkir kacang hijau) dapat mencegah timbulnya lemak visceral.

Selain itu, menghindari penumpukan lemak di perut juga dapat dilakukan dengam menghindari stres, tidur cukup, serta banyak mengonsumsi air putih.

Bagaimana? Mulai sekarang, bisa, yaaa, mulai melatih diri untuk hidup sehat demi menghindari perut puncit. Semangat!

 

Penulis: Usman Dai

Pos terkait