Untuk Alfamart dan Indomaret, Nih 2 Syarat Jika Mau Pembaharuan MoU di Kabgor

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo dalam waktu dekat ini akan memperbarui MoU dengan PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) dan PT Indomarco Prismatama (Indomaret).

Hal ini dilakukan supaya keberadaan dua minimarket itu lebih memberikan dampak positif terhadap masyarakat di waktu mendatang.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Gorontalo, Doni Lahatie, saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Rabu (8/07/2021). (Foto: Andi 60dtk)

Dalam perbaruan kerja sama nanti, ada beberapa hal yang bakal diminta oleh pemerintah setempat. Salah satu yang menjadi prioritas adalah meminta Alfamart dan Indomaret untuk mengakomodir produk-produk buatan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

expo

Baca juga: Wabup Gorontalo Serahkan Bantuan UMKM Untuk 28 Warga di Olimohulo

“Mengakomodir produk UMKM yang ada di Kabupaten Gorontalo ini merupakan salah satu poin yang kita coba negosiasi dengan pihak Alfamart dan Indomaret,” beber Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Gorontalo, Doni Lahatie, Rabu (8/07/2021).

Menurut Doni, mengakomodasi produk UMKM ini sangatlah penting. Pasalnya, pelaku usaha di daerah tertua di Provinsi Gorontalo tersebut sangat banyak, namun produk mereka tidak terserap secara terus-menerus.

Selain mengakomodir produk UMKM, pemerintah daerah juga akan meminta kedua perusahaan tersebut memprioritaskan warga lokal untuk diterima sebagai tenaga kerja, setiap pengangkatan tenaga kerja baru dibuka.

Baca juga: Pulihkan Ekonomi, Nelson Pomalingo Imbau ASN Beli Produk UMKM

“Minimal 60 persen lah dari lokal, dari Kabupaten Gorontalo. Dengan begitu, keberadaan mereka bisa dirasakan langsung oleh orang-orang lokal,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa draf pembaruan kerja sama ini sementara disiapkan oleh pemerintah daerah melalui OPD-OPD terkait. Setelah itu selesai, pemerintah akan melakukan pertemuan dengan pihak Alfamart dan Indomaret.

“Secepatnya, rencana bulan ini (Juli),” tandasnya.

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles