Bupati Indra Serahkan RPJMD Tahun 2018-2023 Ke DPRD Gorut

60DTK – Gorontalo Utara : Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, menyerahkan Rencana Pembangunan Jangka Menngah Daerah (RPJMD) Kabupaten Gorontalo Utara Tahun 2018-2023 kepada DPRD Kabupaten Gorontalo Utara.

Dalam pidatonya, Bupati Indra Yasin menjelaskan, maksud dan tujuan penyusunan RPJMD ini adalah untuk menyediakan rencana pembangunan daerah selama lima tahun ke depan sebagai penjabaran dari visi dan misi serta 123 Janji Bupati Indra Yasin dan Wakil Bupati Thariq Modanggu (IQRA).

Selain itu menurut Indra, hal ini sangat penting dilakukan, agar apa yang telah direncanakan dapat terarah, terpadu dan berkesinambungan. Dengan tujuan memberikan gambaran tentang kondisi daerah, permasalahan dan isu strategis.

“Ini tentu memberikan tolak ukur dan instrumen bagi pemerintah daerah, DPRD dan masyarakat dalam melakukan evaluasi kinerja pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah,” jelasnya.

Indra juga menyampaikan visi dan misi masa kepemimpinannya bersama Thariq Modanggu yakni “Gorontalo Utara Ceria, Unggul dan Sejahtera di Poros Maritim Utara Indonesia 2023”.

Sementara misi keduanya, yaitu “Mempercepat Kesejahteraan Rakyat Gorontalo Utara Dengan Membangun Infrastruktur/Sarana – Prasarana Kesejahteraan serta Membangun SDM Pemerintahan Ceria (Cerdas, Empatik, Ramah, Inovatif, Amanah) dan Interpreneur dan berdikari”.

Menurutnya, mengembangkan keunggulan posisi Gorontalo Utara sebagai daerah yang berbatasan dengan dua provinsi (Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah) dan perairan dunia, menjadi modal utama kemajuan yang besar. Selain itu, peningkatan kualitas lingkungan dan keseimbangan gender, serta mengembangkan kehidupan beragama dan berbudaya secara produktif, harmonis dan berkelanjutan.

Dari program – program di atas, ada tiga program besar dari keduanya, yaitu Program Keluarga Ceria, Program Desa Ceria dan Program Gorontalo Utara Unggul. Ketiga program itu menjabarkan apa  yang akan direalisasikan nanti jika terpilih. Diantaranya pembangunan ekonomi Keluarga Ceria, Kesehatan Keluarga Ceria dan Lingkungan Ceria, Pendidikan Keluarga Ceria.

Disamping itu, dalam program Digital Village, termasuk membangun kawasan strategis dengan konsep ekonomi sosial, ekologi pengembangan sumber daya perikanan dan kelautan, pertanian dan peternakan. Pengembangan potensi keumatan, adat istiadat, pemuda dan perempuan, serta reformasi birokrasi, pencegahan pemberantasan korupsi, peningkatan kesejahteraan aparatur serta mitigasi bencana alam dan bencana sosial.

“Kita (IQRA) pun menyusun lima strategi, diantaranya dari desa ke kota yaitu. Desa Unggul Sejahtera, sebagai jabaran visi dan komitmen politik Indra – Thariq, dititikberatkan pada pembangunan desa menjadi desa unggul dalam pengelolaan dana desa, unggul dalam pembangunan infrastruktur desa, unggul dalam mendorong ekonomi desa, serta unggul dalam mengelola dan menjaga lingkungan,”jelasnya.

Sementara itu berdasarkan pendapat umum fraksi yang ada di DPRD Gorut, kesemuanya menyatakan menyetujui RPJMD IQRA 2018 – 2023 dijadikan peraturan daerah (perda). (rds/adv)

Comments are closed.