Bentuk Desa Digital, Inovasi Diskominfo Kabgor Mengikuti Perkembangan Teknologi

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Melihat perkembangan teknologi komunikasi yang begitu pesat dalam beberapa tahun belakang, membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), berinovasi membentuk Desa Digital.

Sejauh ini, persiapannya terus dilakukan oleh Diskominfo Kabuapten Gorontalo (Kabgor). Bahkan pada Kamis (18/03/2021), telah dilaksanakan pra launching. Desa yang akan ditetapkan jadi Desa Digital itu adalah Desa Hutadaa, Kecamatan Telaga Jaya.

“Dengan adanya Handphone, ke depan semua apa yang kita inginkan bisa lebih mudah. Misalnya pelayanan segala bentuk surat menyurat, layanan administrasi kependudukan, donor darah, hingga berbelanja kebutuhan, semuanya bisa dikontrol lewat hp,” ujar Haris.

Bentuk Desa Digital, Inovasi Diskominfo Kabgor Mengikuti Perkembangan Teknologi
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo, Haris Suparto Tome, Memberikan Sambutan pada Acara Pra Launching Desa Hutadaa jadi Desa Digital, Kamis (18/03/2021). Foto: Humas Kominfo Kabgor

Dalam pembentukan Desa Digital ini, kata Haris, pihaknya turut menggandeng praktisi Teknologi Informasi (IT) Eko Putra Nasaru, yang juga merupakan Founder Blod.ID Indonesia.

“Kita berharap, dengan percontohannya di Hutadaa, ini akan diikuti oleh desa desa lainnya di Kabupaten Gorontalo, bahkan Indonesia. Selain itu, penerapan desa digital akan menjadi satu gaya hidup masyarakat di dalam membantu segala sisi kebutuhan warga,” pungkasnya.

Baca Juga: Salurkan BLT Dana Desa, Begini Pesan Wabup Gorontalo

Camat Telaga Jaya, Irham Maku menilai, inovasi pembentukan Desa Digital ini sangat baik dan penting di era digitalisasi yang semakin maju berkembang. Sebab melalui medsos dan kemajuan IT, kebutuhan masyarakat akan terealisasi.

“Apalagi ini sejalan dengan semangat Presiden Jokowi, yang menggagas adanya tol langit. Kebutuhan melalui digital, medsos atau IT, ” tuturnya. (adv/rls)

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles