BPTP Beri Kalung Pembunuh Virus Corona ke Bupati Nelson

60DTK,Kabupaten Gorontalo – Pemerintah Kabupaten Gorontalo menerima sejumlah kalung yang diyakini dapat membunuh berbagai virus diantaranya Virus Corona. Nama kalung itu Eucalyptus. Kalung tersebut diserahkan oleh Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Gorontalo, Amin Nur, kepada Bupati Nelson Pomalingo, di Lapangan Sport Center Limboto, Jumat (10/07/2020).

Dilansir dari sejumlah sumber, kalung Eucalyptus ini merupakan benda yang di klaim ampuh membunuh berbagai macam virus seperti Avian Influenza (Flu Burung) subtipe H5N1, gammacorona virus, dan Betacoronavirus.

Baca Juga: Pemkab Gorontalo Target LAKIP Nilai BB

Dari hasil pengujian yang dilakukan di Balitbangtan, kalung ini dapat membunuh virus dengan presentasi 80 hingga 100 persen. Meskipun belum melalui pengujian praklinis dan klinis, kalung ini direncanakan untuk dipasarkan secara massal.

“Tadi ada beberapa yang diberikan kepada kami sebagai contoh. Saya kira ini merupakan inovasi yang bagus dalam upaya melawan corona yang dilakukan oleh Balitbang Pertanian,” kata Bupati Nelson.

Baca Juga: Nilai Investasi Di Kabupaten Gorontalo Meningkat, Tahun Ini Capai 3,2 Triliun

Nelson berharap, inovasi yang dilakukan oleh Balitbang Pertanian dan PT. Eagle Indopharma ini dapat terus berlanjut dan melalui berbagai proses (prosedur) yang berlaku.

“Kiranya ini dapat di sebarkan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Gorontalo. Saat ini kami (pemda) belum memesan, kami meminta surat resmi (pemasaran-red). Kami masih akan dalami soal harga dan sebagainya,” pungkas Nelson. (adv)

 

 

Pewarta: Andrianto Sanga