Dibawah Kepemimpinan Syarif, Pohuwato Alami Penurunan Kemiskinan Tertinggi se Gorontalo

Sidang Paripurna Istimewa DPRD Pohuwato dalam rangka HUT Ke 16 Kabupaten Pohuwato. (Foto : Dok. Publisher)

60DTK – Marisa : Kabupaten Pohuwato hari ini, Kamis (2/5/2019) genap berusia 16 tahun. Dibawah kepempinan Bupati Syarif Mbuinga, Kabupaten paling barat di Provinsi Gorontalo itu mengalami berbagai perkembangan dan prestasi. Salah satu prestasi yang menonjol adalah penurunan angka kemiskinan.

16 tahun lalu, ketika Pohuwato baru dimekarkan, angka kemiskinan di daerah itu berada di angka 62,34 %. Angka itu terus mengalami penurunan. Tahun 2017 turun ke angka 21,27 %. Penurunan itu terus terjadi hingga di tahun 2018 mencapai 19,40 %.

Bahkan Badan Pusat Statistik BPS Gorontalo mencatat, penurunan kemiskinan yang dialami Kabupaten Pohuwato itu, merupakan yang tertinggi se Provinsi Gorontalo.

“Bagi kami pemerintah daerah dan lembaga DPRD, trand positif ini akan terus dijaga dengan tetap konsisten melaksanakan dan menjalankan program – program ekonomi kerakyatan yang telah terbukti ampuh meningkatkan ekonomi kerakyatan” ujar Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga pada Sidang Paripurna Istimewa DPRD Pohuwato dalam rangka HUT Pohuwato ke 16, Kamis (2/5/2019).

Selain berhasil menurunkan angka kemiskinan, Kabupaten Pohuwato juga berhasil meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi. Setiap tahun pertumbuhan ekonomi Pohuwato menunjukkan progres yang signifikan.

Tahun 2016, Pertumbuhan Ekonomi pohuwato berada di angka 6,64 %. Di Tahun 2017, kembali mengalami peningkatan hingga mencapai 6,80 %.(rds)

Penulis : Fry

Comments are closed.