PWI Gorontalo Rekrut Anggota Baru Demi Akomodir Keinginan Wartawan Pohuwato

  • Whatsapp
Plt. Ketua PWI Pohuwato, Helmi Rasid. (Foto: Istimewa)

60DTK, Gorontalo – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Gorontalo akan merekrut anggota baru demi akomodir keinginan sebagian besar wartawan, khususnya di wilayah Kabupaten Pohuwato.

Berkenaan dengan hal itu, PWI Provinsi Gorontalo telah menunjuk beberapa orang wartawan senior di Gorontalo yang akan akan mempersiapkan kepengurusan PWI Pohuwato definitif.

Bacaan Lainnya

Bagi wartawan yang ingin bergabung dengan organisasi profesi tersebut, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Misalnya, tercatat sebagai wartawan aktif minimal satu tahun dan bekerja pada perusahaan pers yang berbadan hukum.

“PWI memang tidak seperti organisasi lain yang gampang pembentukannya. Sebagai organisasi wartawan tertua di Indonesia, perekrutan anggota PWI memang ketat seleksinya. Tidak semua calon anggota yang masuk akan diterima. PWI Pohuwato harus selektif,” jelas Plt. Ketua PWI Pohuwato, Helmi Rasid.

Menurut Helmi, saat ini sudah cukup banyak wartawan di wilayah Pohuwato, dan mereka ingin bergabung di PWI. Untuk itu, perlu dilakukan perekrutan anggota baru guna mewadahi para jurnalis yang berada di daerah paling barat Provinsi Gorontalo tersebut.

“Sebagai daerah yang memiliki cukup banyak wartawan, PWI harus hadir di Pohuwato untuk menjembatani keinginan dan pengembangan kapasitas wartawan di Pohuwato,” ujar pria yang juga sebagai Direktur Utama media online Prosesnews.id itu.

Berdasarkan SK yang diterbitkan PWI Provinsi Gorontalo, beberapa wartawan senior yang diberi mandat mempersiapkan terbentuknya PWI definitif di wilayah Kabupaten Pohuwato, yakni Helmi Rasid sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua, Fery Apantu sebagai Sekretaris, dan Abdul Wahid Hamzah sebagai Bendahara.

Helmi menambahkan, selain merekrut anggota baru di Kabupaten Pohuwato, pihaknya juga bertugas memberikan pelatihan jurnalistik kepada para anggota baru PWI yang lolos. Hal itu dilakukan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) wartawan di daerah tersebut.

“Perekrutan anggota baru ini juga dalam rangka persiapan konferensi PWI Kabupaten Pohuwato yang rencananya akan dilakukan setelah tugas-tugas pokok yang diamanatkan terlaksana secara baik. PWI Provinsi Gorontalo juga akan melakukan kunjungan ke Kabupaten Pohuwato untuk melakukan pengecekan persiapan pelaksanaan Konferkab,” bebernya.

Sekretaris PWI Pohuwato, Fery Apantu menambahkan, dalam pelatihan jurnalistik sendiri, nantinya mereka akan menghadirkan pengurus PWI pusat dan Anggota Dewan Pers.

“Bagi yang ingin bergabung dengan PWI Pohuwato, pendaftaranya bisa melalui link https://forms.gle/mjsRMz4YmuDYkfgW7. Waktu pendaftaran sudah dibuka sejak hari Senin, 3 Oktober hingga 15 November 2022,” tandasnya. (rls)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait