Dukung UMKM Berkembang, Pemkot Blitar Gelar Festival

60DTK, Blitar – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar terus mendorong perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satunya dengan menggelar Festival Wisata Kuliner dan Produk Unggulan Kota Blitar. Kegiatan tersebut dilaksanakan dari tanggal 27/11 hingga 29/11/2020, di Gedung Kesenian Kota Blitar.

Usai membuka acara, Pjs Wali Kota Blitar, Jumadi, kepada wartawan mengatakan, penyelenggaraan festival tersebut merupakan bentuk dukungan Pemkot Blitar. Karena hal ini merupakan upaya awal untuk menggaungkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM.

“Ini merupakan langkah awal untuk menggali kreatif ekonomi di kota Blitar, juga termasuk nilai-nilai budayanya. Karena di dalamnya juga ada beberapa kesenian tradisonal kota Blitar yang di tampilkan, Setelah itu, kita masukkan ke list peraturan presiden (Perpres) nomor 80 tahun 2019 tentang percepatan ekonomi,” jelas Jumadi.

Baca Juga: Korpri Kota Blitar Gelar Khataman Quran Bersama Anak Yatim

expo

Disamping itu, kata Jumadi, Hal ini untuk mendorong UMKM kuliner lokal berbasis budaya agar bisa terus memperluas pasarnya, serta memberikan pengalaman bersantap kuliner serba nikmat dalam satu tempat untuk para konsumen, baik masyarakat maupun wisatawan lokal yang sedang berkunjung ke Kota Blitar.

“Sehingga, mereka yang awalnya memulai bisnis kuliner dari usaha rumahan bisa semakin giat berinovasi dan menciptakan produk yang memiliki kualitas terbaik untuk di pasarkan,” lanjutnya.

Meski demikian, yang perlu ditingkatkan lagi adalah budaya lokal, dimana masing-masing kelurahan yang ada di kota Blitar ini mempunyai kesenian khas sendiri. Sehingga ini perlu dikembangkan kreativitasnya, seperti bekerjasama dengan STSI Surakarta.

Baca Juga: Lintas Agama Se-Kota Blitar Berdoa Untuk Kelancaran Pilkada

“Dan ini kreatif ekonomi yang akan kita jual. Kemudian, nantinya kita instruksikan kepada pemda untuk membangun sanggar kesenian di tiap-tiap kelurahan. Dimaksudkan, nantinya touristsem tidak hanya menonton, akan tetapi bisa mungkin ikut latihan,” kata Pjs Wali Kota Blitar.

Ia berharap, untuk acara-acara seremoni maupun Rapat Koordinasi (Rakor), kunjungan kehormatan,  yang diselenggarakan oleh Pemkot Blitar sebaiknya dibuka dengan menampilkan tari-tarian atau jenis kesenian lainnya. (adv/hms)

 

 

Pewarta: Achmad Zunaidi

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles